Kitab - Risalah Tartilul Qur'an

PengarangPP.Salafiyyah al Islami Melangi JogjakartaTahun Terbit{"masehi":"","hijriah":""}
PenerbitDaru Ihya' al Kutub al ArabiyyahFan/KategoriUlumul Qur'an
Download KitabDownloadInformasi buku tersebut dapat diperoleh di :

   Kitab Risalah Tartilul Qur'an merupakan salah satu kitab karya pondok pesantren Salafiyyah al Islami Melangi Jogjakarta.

Al-Qur’an Al-Karim adalah sistem yang komprehensif bagi seluruh hukum Islam. Al-Qur’an adalah sumber mata air yang senantiasa menyirami hati-hati yang beriman dengan kebajikan dan hikmah. Dan yang paling utama, seorang hamba dalam upaya bertaqarub kepada Allah adalah dengan membacanya.

Dalam hadits dari Ibnu Mas’ud, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ مَأَدْبَةُ اللهِ فَاقْبَلُوا مِنْ مَأْدَبَتِهِ مَا اسْتَطَعْتُمْ ، إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ حَبْلُ اللهِ ، وَالنُّوْرُ الْمُبِيْنُ ، وَالشِّفَاءُ النَّافِعُ عِصْمَةٌ لِمَنْ تَمَسَّكَ بِهِ ، وَنَجَاةٌ لِمَنِ تَبِعَهُ ، لاَ يَزِيْغُ فَيَسْتَعْتَبُ، وَلاَ يَعُوْجُ فَيَقُوْمُ ، وَلاَ تَنْقَضِي عَجَائِبُهُ ، وَلاَ يُخْلَقُ مِنْ كَثْرَةِ الرَّدِّ ، اتْلُوْهُ فَإِنَّ اللهَ يَأْجَرُكُمْ عَلَى تِلاَوَتِهِ كُلُّ حَرْفٍ عَشْرَ حَسَنَاتٍ ، أَمَّا إِنِّيْ لاَ أَقُوْلُ الم حَرْفٌ ، وَلَكِنْ أَلِفْ وَلاَمْ وَمِيْم

“Sesungguhnya Al-Qur’an itu adalah panggilan dari Allah, maka terimalah panggilan-Nya semampu kalian. Al-Qur’an ini adalah tali Allah. Cahaya yang terang, dan syifa’ (obat) yang bermanfaat. Qur’an adalah perisai bagi yang berpegang teguh kepadanya, dan penyelamat bagi yang mengikuti (petunjuk)nya. Tidak akan pernah menyimpang, karena Qur’an akan meluruskannya. Qur’an tidak akan pernah habis keajaiban-keajaibannya. Tidak akan pernah lenyap kemuliaan dan kelezatannya karena sering diulang. Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya Allah akan memberi pahala kepadamu karena bacaan itu untuk setiap hurufnya sepuluh kebajikan. Saya tidak mengatakan kepada kalian bahwa ‘alif lam mim’ itu satu huruf, tetapi ‘alif’ satu huruf, ‘lam’ satu huruf, dan ‘mim’ satu huruf.” (HR. Hakim)

Kitab ini merupakan kitab matan yang membahas kaidah kaidah dalam membaca Al Qur’an secara lengkap. 
Isi kitab terdiri dari panduan membaca alqur’an dengan tajwid dan beberapa ayat ayat Al qur’an yang terdapat bacaan Ghorib (Sulit). Selain itu kitab ini juga dilengkapai dengan keterangan keterangan penting tentang hal - hal yang berhubungan dengan bacaan Al Qur’an sehingga mempermudah pembaca untuk mempelajarinya.
Kitab ini cocok bagi para Mu’allimil Qur’an dalam mengajarkan bacaan Al Qur’an kepada murid.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Risalah Tartilul Qur’an yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan Sampaikan bisa bermanfaat.


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!