Kitab - Tanwirul Hija' Nadzam Safinatun Naja

PengarangKH. Ahmad Qusyairi bin Shiddiq bin Abdullah al-Lasimi al-FasurwaniTahun Terbit{"masehi":"1979 M (S)","hijriah":"1399 H"}
PenerbitAwad Abdullah at TamimiyFan/KategoriFiqh
Download KitabDownloadInformasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Tanwirul Hija (تنوير الحجا), yang berarti pencerahan pikiran, karya KH. Ahmad Qusyairi bin Shiddiq bin Abdullah al-Lasimi al-Fasurwani (11 Sya'baan 1311H / 17 Februari 1894M - 22 Syawal 1392 H/28 November 1972 M), kakak Rais Aam ke-5 PBNU KH Ahmad Shiddiq. KH. Ahmad Qusyairi lahir di Lasem, Jawa tengah, kemudian hijrah dan wafat di Pasuruan.

Secara global, kitab ini mengupas dasar-dasar agama, tata cara bersuci, seperti “cebok” (istinja`), wudlu`, bagaiamana kita beribadah kepada Allah, shalat dengan benar, serta mengajarkan jenis dan berapa harta yang wajib kita keluarkan sebagai zakat.
Syaikh KH. Akhmad Qusyairi bin Siddiq menuntaskan nadzam ini pada tahun 1343 H, dengan penambahan bab Puasa, Haji-‘Umroh, dan ditutup dengan nasihat-nasihat. Nadzam ini banayak dipelajari di pondok pesantren- pesantren Indonesia.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab TANWIRUL HIJA’ NADZAM SAFINATUN NAJA, yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat, dan kita bisa mengambil pelajaran darinya.

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab  :  TANWIRUL HIJA’ NADZAM SAFINATUN NAJA   (PDF)
Tebal            :   62 halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!