Kitab - Tarikh Tasyri'

PengarangSyaikh Muhammad Al Khudari BikTahun Terbit{"masehi":"1967 M","hijriah":"1387 H"}
PenerbitDaar Al FikrFan/KategoriSejarah
Download KitabDownloadInformasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya  Syaikh Muhammad Al Khudari Bik, ulama sekaligus sejarawan yang sangat memperhatikan sejarah islam. Diantara bentuk perhatiannya adalah dengan menulis kitab sejarah islam setelah melalui tela’ah dan kajiannya. Diantara pendapat yang beliau tulis dalam kitab adalah dasar ketetapan hukum dalam islam ada tiga yaitu Al Qur’an, Sunnah dan Ijma’ Ulama.
Kitab ini termasuk kategori kitab menengah dengan ketebalan 326 halaman yang disusun secara sistematis sehingga meskipun terasa tebal namun lebih mudah untuk mempelajarinya.

Syariat Islam adalah ketentuan atau aturan dalam agama Islam yang sudah ada sejak  permulaan Islam. Dalam tradisi keilmuan, ilmu yang membahas mengenai syari’at disebut dengan ilmu fiqh, yaitu ilmu yang membahas tentang ketentuan, aturan maupun hukum dalam islam. Sejarah pembentukannya sudah ada sejak zaman Muhammad S.A.W.

Secara umum kitab tarikh tasyri dapat diartikan dengan kitab sejarah terbentuknya hukum hukum dalam islam atau terbentuknya syariat.

Tentunya perjalanan ini mencapai puncaknya setelah diutusnya  Muhammad S.A.W kepada umat manusia akhir zaman.

Daftar isi kitab kitab tarikh tasyri secara umum juga mencakup akan 4 hal, yakni sebagai berikut :

– Nasya artinya zaman kemunculan Islam, zaman ini adalah zaman Nabi Muhammad S.A.W diangkat menjadi seorang Rasull akhir zaman yang berlangsung sekitar 22 tahun.

– Tafsir artinya zaman para sahabat, pada fase ini adalah zaman dimana sahabat sahabat Nabi Muhammad S.A.W masih hidup yang dalam hitungan sejarah hanya berlangsung selama kurang lebih 100 tahun.

– Mujtahid artinya zaman Imam Madzhab, pada masa ini adalah zaman ahli tafsir, dan masa ini berlangsung sekitar 250 tahun dalam catatan sejarah.

– Taqlid artinya zaman yang berlangsung di era mujtahid sampai dengan saat ini.

Dari peradaban zaman tersebutlah kita akan mengetahui hukum hukum dalam syariat islam seperti sejarah dari syahadat, sejarah sholat, sejarah zakat, sejarah puasa, sejarah haji serta berbagai sejarah permasalah hukum lainnya.

Oleh karena itu kitab ini termasuk kitab yang penting untuk dipelajari, terutama bagi seroang da’i atau santri yang nantinya akan menjadi rujukan keilmuan dari masyarakat di sekitar tempat tinggalnya.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab TARIKH TASYRI’, yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat, dan kita bisa mengambil pelajaran darinya.

 

 IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab  :   TARIKH TASYRI’ (PDF)
Tebal            :   362 halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!