Kitab - Tarsana Tajwid

PengarangH. Sjamsuddin Mustaqim dari Ngawi, Jawa Timur.Tahun Terbit{"masehi":"2005 M","hijriah":"1425 H"}
PenerbitFan/KategoriTajwid
Download KitabDownloadInformasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Kitab yang ditulis oleh ulama asal Indonesia yaitu H. Sjamsuddin Mustaqim dari Ngawi, Jawa Timur. Kitab disusun dengan huruf huruf pilihan yang disesuaikan dengan lagu rost secara tartil agar santri lebih cepat hafal dan mudah.

Tarsana adalah metode belajar membaca Alqur’an yang terdiri dari unsur tartil, sari’ dan nagham. Tartil sendiri adalah membaca dengan jelas dan tenang, mengeluarkan huruf dari makhrojnya dengan memberikan sifat asli maupun sifat yang berubah serta memperhatikan makna ayat. Lebih jelasnya, membaca tartil adalah membaca dengan tidak tergesa-gesa.
Sesuai dengan namanya, TARSANA memiliki tiga konsep yaitu Tartil (sesuai tajwid), Sari’(cepat) dan Nagham (lagu). Kekhasan dari metode ini dengan metode lainnya adalah digunakannya nagham (lagu) dalam metode pembelajarannya.Dengan digunakannya lagu tersebut, menjadikan pembelajarannya menyenangkan sehingga peserta didik tidak cepat bosan dan jenuh. Lembaga Tarsana menjadi produk yang paling utama ditawarkan oleh lembaga bimbingan belajar Al-Quran Tarsana.

Dengan menggabungkan tiga konsep yaitu (tartil, sari dan Nagham ). Maka metode ini dapat secara cepat dikuasai oleh para perserta yang ingin belajar membaca Al-Quran/antri dengan menggunakan sistem tujuh jam. Buku panduan metode Tarsana hanya  terdiri dari tujuh lembar setiap jilidnya, kemudian pada perlembarnya memuat beberapa kaidah – kaidah tajwid yang mudah untuk diingat dan mudah untuk dipahami maupun ditelaah. Dalam metode belajarnya yaitu mengucap huruf dengan keras tetapi menggunakan lagu maka dari itu digunakannya lagu tesebut dapat menjadikan pembelajaran menggunakan metode Tarsana ini terasa menyenangkan.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kita TARSANA TAJWID, yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat, dan kita bisa mengambil pelajaran darinya.

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab  :  TARSANA TAJWID (PDF)
Tebal            :   23 halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap

 

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!