Kitab Risalatul Qusyairiah

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab109
PengarangSyaikh Abdul Karim Al- qusyairi An-NaisaburiTahun Terbit Masehi/Hijriah2008 M (S)/1428 H
PenerbitDaar Jawami' al kalimFan/KategoriTasawwuf
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

RISALATUL QUSYAIRIAH kitab karangan Syaikh Abdul Karim Al- qusyairi An-Naisaburi atau dikenal dengan Imam Al- Qusyairiyah,dilahirkan di Ustwa, nisapur (Nisabur/Naisabur) pada tahun 376 H/986 M, dan wafat pada tahun 465 H/1073 M. Wafat dalam usia 87 tahun. Kitab ini menjelaskan ilmu tasawwuf.

Salah satu keistimewaan kitab ini adalah dari segi sejarahnya yakni munculnya kitab bersamaan dengan masa - masa awal munculnya kelompok tarekat. Maka tujuan beliau mengarang kitab ini untuk menjembatani orang - orang agar mampu memahami subtansi ibadah (bukan hanya secara zahir).
Risalah Qusyairiah adalah kitab yang mempertahankan kemurnian tauhid, akidah yang benar, bersandar pada hukum-hukum syariat. Menurut al-Qusyairi, itu syarat mutlak memasuki tasawuf. Maka Kitab Risalah Qusyairiah  menepis anggapan sebagian orang, yang secara buruk menuduh, bahwa tasawuf ajaran yang penuh dengan bid'ah, khurafat dan bahkan syirik.

Imam al-Qusyairi menyatakan, bahwa tasawuf seharusnya bertumpu pada al-Qur'an dan Sunnah, serta memegang teguh akidah dan syariat.
Kitab Risalah Qusyairiah, ini menjadi menarik, karena penguasaan penulisnya pada ilmu-ilmu penunjang, ilmu lahiriah atau rasional: fiqh, ushul fiqh, sejarah, sastra, dan tentu tafsir dan hadis.
Susunan kitab yang ditulis berdasarkan sub pembahasan membuat pembaca lebih mudah dalam membaca dan memahami isi kandungan.
Semoga bermanfaat

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab: Risalatul Qusyairiah (PDF)
Tebal: 455 halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!