Kitab - Qiyamu Ramadhan

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab141
PengarangImam Al Hafidz Al Faqih Abu Abdillah Muhammad bin Nashr Al Marwazi.Tahun Terbit Masehi/Hijriah1900 M/1320 H
PenerbitAd Daar al DzahabiyyahFan/KategoriFadhilah
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

QIYAMU RAMADHAN Kitab karangan Imam Al Hafidz Al Faqih Abu Abdillah Muhammad bin Nashr Al Marwazi.

Kitab ini membahas tentang  ibadah Qiyamu Ramadhan. Didalamnya di bahas Qiyamul lail fi Ramadhan dan hukum sholat tarawih termasuk juga hukum hukum yang berkaitan dengannya.
Kitab ini menjadi solusi masyarakat yang sering menanyakan apa yang dimaksud Qiyamul lail fi Ramadhan, apakah itu sholat tahajjud atau mungkin tarawih.

Hukum Qiyamu Ramadhan:

Qiyamu Ramadhan adalah sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Ramadhan. Hukumnya sunnah dan tidak wajib. Hal ini dapat dilihat dari hadits Ibnu Abbas yang dikutip di muka dan hadits Aisyah berikut:

‎عن ابن شهاب قال أخبرني عروة أن عائشة أخبرته أن رسول الله صلى الله عليه وسلم خرج ذات ليلة من جوف الليل فصلى في المسجد فصلى رجال بصلاته فأصبح الناس فتحدثوا فاجتمع أكثر منهم فصلوا معه فأصبح الناس فتحدثوا فكثر أهل المسجد من الليلة الثالثة فخرج رسول الله صلى الله عليه وسلم فصلوا بصلاته فلما كانت الليلة الرابعة عجز المسجد عن أهله حتى خرج لصلاة الصبح فلما قضى الفجر أقبل على الناس فتشهد ثم قال أما بعد فإنه لم يخف علي مكانكم لكني خشيت أن تفرض عليكم فتعجزوا عنه. (رواه البخاري و المسلم)    

Diriwayatkan dari Ibnu Syihab (dikabarkan bahwa) ia berkata: Urwah menyampaikan kepada saya bahwa Aisyah telah memberitakan bahwa Rasulullah saw pada suatu malam (di bulan Ramadhan) berangkat ke masjid dan mendirikan shalat di sana. Kemudian orang banyak mengikuti beliau. Keesokan harinya orang bercerita tentang shalat Rasulullah saw itu sehingga jamaah semakin banyak. Keesokan harinya orang juga bercerita lagi sehingga pada malam keempat jamaah tidak lagi tertampung di masjid itu. Paginya, setelah selesai shalat Subuh, Nabi berkata: amma ba’du. Sesungguhnya aku tahu kemampuan kalian. Akan tetapi aku ragu bila shalat itu diwajibkan atas kalian, dan kalian tidak mengerjakannya (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Demikian penjelasan singkat tentang Kitab Qiyamu Ramadhan, yang kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat.

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab : QIYAMU RAMADHAN  (PDF)
Tebal           :   183 halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!