Kitab - Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab152
PengarangIbnu HisyamTahun Terbit Masehi/Hijriah2001 M/1420 H
PenerbitDaar wa Maktabah Asy Sya'ab-LibiyaFan/KategoriSejarah
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

SIRAH NABAWIYAH IBNU HISYAM  Karya fenomenal seorang ulama besar sekaligus sejarawan abad 3 Hijriyah yaitu Ibnu Hisyam Rahimahullah. 
Judul lengkap kitab adalah Al ‘Ibru wa al Ahkam min Shiroh Sayyid al Anam.   
Buku yang lebih popular disebut Sirah Ibnu Hisyam ini merupakan referensi lengkap kehidupan Nabi Muhammad yang bersumber dari riwayat dan rujukan yang valid dan tepercaya.

Buku ini dengan detail menguraikan jejak perjalanan Rasulullah  dari sebelum kelahiran, masa kecil, masa muda, perkawinan, dan masa ke Nabian Beliau.
Dipaparkan juga sisi perjalanan dakwah, jihad, dan kehidupan Beliau dalam berbagai aspek. 
Khulashoh  ini diterbitkan pada tahun 2001 dan ditulis oleh seorang alim asal negara Libya yakni  Muhammad Ibrahim al Mahruq. Kitab ini terdiri 67 halaman dan 74 pembahasan, secara garis besar isi kandungan kitab tidak jauh dari kitab asalnya yakni merupakan kitab yang menceritakan secara lengkap tentang semua perjalanan Nabi semenjak Beliau kecil, remaja, dewasa hingga akhir hayat Beliau, termasuk juga perjuangan dan kemukjizatan Nabi. Yang berbeda dari kitab ini adalah kitab ditulis dalam bentuk sya’ir atau nazdom sehingga lebih ringkas dan mudah diingat.

Sirah Nabawiyah ini merupakan tahqiq, kompilasi, dan penyempurnaan yang dilakukan oleh Ibnu Hisyam terhadap kitab Al-Maghâzî dan As-Siyar karya Ibnu Ishaq, namun hasil karyanya ini menjadi lebih terkenal dari buku rujukannya tersebut dan menjadi referensi bagi para penulis sejarah kehidupan Rasulullah.
Para ulama sepakat bahwa data yang dipaparkan dalam kitab ini autentik dan tepercaya.

Kelebihan buku ini dibandingkan dengan buku-buku sejenis yang ditulis oleh sejarawan sebelum dan sesudahnya yaitu adanya periwayatan yang jelas sehingga dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya. Selain itu, buku ini memiliki posisi yang tinggi di antara buku-buku sejenis. Oleh karena itu pantaslah jika karya Ibnu Hisyam ini dijadikan rujukan bagi setiap orang yang ingin mengenal, mengkaji, dan mempelajari jejak kehidupan Rasulullah .

Terimakasih telah membaca Kitab SIRAH NABAWIYAH IBNU HISYAM  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga bermanfaat, dan silahkan lihat di daftar isi kami untuk mencari kitab kitab yang lain.

 

 IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab :   SIRAH NABAWIYAH IBNU HISYAM  (PDF)
Tebal           :   77 halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!