Kitab Al-Burhan Fi Ushul Al-Fiqh

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab279
PengarangAl-Imam Al-Haramain Abul Ma'ali 'Abdul Malik Bin 'Abdullah bin Yusuf bin Muhammad bin 'Abdullah Al-Juwayni Al-NaisaburiTahun Terbit Masehi/Hijriah1979 M (S)/1399 H
PenerbitDr Abdul Adzim ad DaibyFan/KategoriUshul Fiqh
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Usul al-Fiqh yang disusun oleh Al-Imam Al-Haramain Abul Ma'ali 'Abdul Malik Bin 'Abdullah bin Yusuf bin Muhammad bin 'Abdullah Al-Juwayni Al-Naisaburi (419-478H/1028-1085 M). Ditulis mengikut tariqah al-Mutakallimin (ahli kalam) yaitu suatu metodologi penulisan yang cenderung kepada pendalilan berdasarkan akal serta tidak taksub kepada mana-mana mazhab.

Secara keseluruhan kitab ini membahas detail tentang ilmu ushul fiqh yang terdiri dari delapan pembahasan pokok, yaitu al Bayan, al Ijma’, al Qiyas, al Istidlal, al Tarihat, al Naskh, al Ijtihad dan al Fatwa. Penulisan kitab diawali dengan pembahasan mengenai cara mempelajari suatu ilmu dalam muqoddimahnya dan kemudian disusul dengan inti pembahasan kitab. Banyak ulama berpendapat bahwa kitab ini sangat kompehensif dalam menjelaskan ilmu ushul fiqh pada masa Imam al Juwayni yang diantaranya adalah Abd al Adhim.
Kitab ini juga turut mendapat tempat di sisi para ulama yang datang selepas al-Juwayni sehingga disyarahkan serta diringkaskan.
Antara kitab yang mensyarahkan kitab Al-Burhan adalah;
a)   Idhah al-Mahsul min Burhan al-Usul (ايـضـاح الـمـحـصـول من بـرهـان الأصـول), karya Abu Abdillah al-Maziri al-Maliki (536 H.)
b)   al-Tahqiq wal-Bayan fi Syarh al-Burhan fi Usul al-Fiqh (التحقيق والبيان في شرح البرهان في أصول الفقه), karya Syamsuddin Abu al-Hasan Ali bin Ismail al-Abyari al-Shanhaji al-Maliki (618 H).

Sekalipun al-Juwayni merupakan tokoh bagi mazhab al-Syafi’i, akan tetapi kedua-dua penulis kitab yang kami sebutkan di atas merupakan tokoh dari kalangan mazhab Maliki. al-Imam Ibn al-Subki [Lihat Thabaqat al-Syafi’iyyah al-Kubra (5/192)], mengatakan bahwa telah datang seorang tokoh dari Maghribi bernama al-Syarif Abu Yahya yang menghimpunkan di antara dua kitab syarah di atas.

Terimakasih telah membaca Kitab Al- BURHAN FI USHUL AL- FIQH,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan silahkan lihat di daftar isi kami untuk mencari kitab kitab yang lain.


IDENTITAS KITAB:
Karya           :  Al-Imam Al-Haramain Abul Ma'ali 'Abdul Malik Bin 'Abdullah bin Yusuf bin Muhammad bin 'Abdullah Al-Juwayni Al-Naisaburi
Judul Kitab : Al- BURHAN FI USHUL AL- FIQH (PDF)
Tebal           :   1482  halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!