Kitab Akhlaq Lil Banin Jilid 1

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab331
PengarangSyaikh Umar bin Achmad BaradjaTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriAkhlak
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Syaikh Umar bin Achmad Baradja beliau dilahirkan di kampung  Ampel Maghfur, tepatnya pada 10 Jumadil Akhir 1331 Hijriyah yang bersamaan dengan tanggal 17 Mei 1913 Masehi. Secara Nasab Baradja berasal dari (dan berpusat di) Seiwun, Hadramaut, Yaman. Sebagaimana nenek moyangnya yang ke-18, Syaikh Sa’ad, julukannya adalah Abi Raja’ (yang selalu berharap). Alur nasab tersebut bertemu pada kakek Nabi Muhammad saw yang kelima, bernama Kilab bin Murrah.
Syaikh Umar bin Achmad Baradja memanfaatkan baik ilmu, serta waktu, dan umur, termasuk penggunaan harta benda kekayaannya di jalan Allah sampai akhir hayatnya.
Pengarang kitab ini meninggal pada hari Sabtu malam Ahad tanggal 16 Rabiuts Tsani 1411 Hijriyah yang bersamaan dengan tanggal masehi tepatnya 3 November 1990.
Beliau tutup usia 77 tahun di RS Islam Surabaya, menurut beberapa keterangan tepat pukul 23 lebih 10 menit.

Kitab “Akhlaq Lil Banin” sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat muslim Indonesia, kitab ini sangat sering ditemui di lembaga-lembaga pendidikan Islam tingkat dasar seperti madrasah dan pesantren-pesantren. Inti dari pembahasan kitab ini adalah panduan bagi anak laki-laki dan perempuan dalam berbuat dengan berlandaskan budi pekerti, sacara garis besar musonnif membaginya kedalam tiga puluh tiga (33) bab pembahasan, dimulai dari bab pertama sebuah pertanyaan dengan apa seorang anak beradab hingg bab terakhir tentang nasihat-nasihat.

Kitab ini sangat ringkas dan padat, ditulis dengan gabungan bahasa arab murni dan bahasa arab pegon sehingga mempermudah para murid dalam memahami isi kitab. Isi kandungan kitab ini sangat bagus dan sangat direkomendasikan bagi para santri atau murid ditingkat dasar, seperti pembahasan dalam kitab di bab kedua yang membahas tentang anak yang santun dan beradab adalah memuliakan orang tuanya, guru-gurunya, saudaranya yang lebih besar serta menyayangi saudara dan orang-orang yang lebih kecil atau muda darinya, materi-materi tersebut sangatlah mendidik dan dapat membentuk pribadi yang mulia bagi anak-anak kita.

Terimakasih telah membaca Kitab Akhlaq Lil Banin Jilid 1,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.   Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB:

Karya            :  Syaikh Umar bin Achmad Baradja
Judul Kitab   :   AKHLAQ LIL BANIN JILID 1  (PDF)
Tebal            :   28 halaman (PDF)

Sumber: Kitab Islam Lengkap

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!