Kitab  Al-Akhlaq Lil Banat Juz 3

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab333
PengarangSyaikh Umar bin Achmad BaradjaTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitMaktabah Muhammad Ibn Ahmad Nabhan wa Awladah SurabayaFan/KategoriAkhlak
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya  Syaikh Umar bin Achmad Baradja.
Tempat Lahir Kampung Ampel Maghfur . Lahir, 10 Jumadil  Akhir 1331 Hijriyah / 17 Mei 1913 M. Wafat : Sabtu, 16 Rabiust tsani 1411 Hijriyah/3 November 1990. Beliau tutup usia umur 77 tahun di RS Islam Surabaya, menurut beberapa keterangan tepat pukul 23 lebih 10 menit.

Pada juz tiga ini secara garis besar menerangkan tentang bagaimana,sebaiknya kalau kita sedang berjalan, duduk, berbicara, makan, bertamu dengan sesama muslim, menengok orang yang sedang sakit, adab ketika takziyah, adab ketika kita ditimpa sebuah musibah, dan diakhiri dengan adab ketika kita akan pergi serta adab meminta sesuatu kepada Allah.
Intinya pada bab tiga ini merupakan keterangan yang menerangkan tentang hubungan antara manusia dengan manusia atau ibadah ghairu mahdloh.

Seorang anak tak ubahnya benih kecil yang membutuhkan perawatan secara ekstra, mulai dari air, suhu, udara dan sinar matahari sehingga benih itu menjadi tumbuh besar dan berkekuatan, begitu pula seorang anak pada fase pertamanya juga membutuhkan perhatian, pengawasan dan arahan secara simultan sampai pada akhirnya mereka tumbuh besar menjadi kebiasaanya semenjak kecil dengan izin Allah. Mereka kelak menjadi orang yang cinta dengan kebaikan setelah dewasa.

Namun manakala pertumbuhan mereka diabaikan dengan tanpa ada perhatian sama sekali tentunya kelak mereka akan tumbuh besar menjadi orang yang sulit untuk diarahkan dan diperbaiki. Oleh karena itu hendaknya mereka perlu dididik dengan manhaj Allah yang tercantum dalam al-Qur‟an dan yang sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW, dan hendaknya mereka diberi perhatian secara khusus dalam masalah pendidikan sejak tumbuhnya jari-jemari mereka pada masa perkembangannya sampai dewasa. Meski dilihat pada perkembangan selanjutnya pendidikan Islam telah mengalami proses dinamika pemikiran yang sangat luas, unsur pendidikan moral pun tak luput dari kajian pembahasan para pemikir pendidikan Islam. Pendidikan moral sendiri kemudian menjadi semacam unsur permanen dalam sistem pendidikan Islam, setidaknya dalam penetapan kurikulum maupun pemantapan visi dan misi kependidikannya

Terimakasih telah membaca Kitab  Al-Akhlaq Lil Banat Juz 3,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.  
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB:

Karya             :  Syaikh Umar bin Achmad Baradja
Judul Kitab   :  Al- AKHLAQ LIL BANAT JUZ  3  (PDF)
Teba  l            :   95 halaman (PDF)
Penerbit        : Maktabah Muhammad Ibn Ahmad Nabhan wa Awladah Surabaya

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!