Kitab Terjemahan Risalah Al-Mahid

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab343
Pengarang   K.H. MasruhanTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriFiqh
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya seorang ulama dari Demak yang bernama K.H. Masruhan.
Kitab Risalah al-Mahid ditulis saat kyai Masruhan masih tinggal di desa Berumbung, Demak sekitar tahun 1956. Kitab risalah ini dikarang dengan merujuk pada ajaran-ajaran tentang haid yang tercantum di dalam kitabkitab klasik dan ditulis menggunakan huruf Arab Jawi (pegon). Pengarang menulis kitab ini karena melihat masih jarang sekali kitab-kitab yang khusus membahas masalah perempuan khususnya masalah dima’ al-mar’ah. Hal inilah yang menarik untuk diteliti.

diajarkan di pondok pesantren berkaitan dengan kebutuhan para santri akan materi tentang dima’ al-mar’ah.  Bagi para perempuan (santri puteri) ketika pertama kali mengalami haid, mereka merasa kebingungan dan memerlukan panduan serta pengetahuan yang benar mengenai haid. Hal ini menjadi salah satu bagian dari respons para santri terhadap urgensi kitab Risalah al-Mahid, di samping banyak hal lainnya.

Persoalan penting lainnya tentu berkaitan dengan bagaimana cara para ustadzah saat menerangkan persoalan haid, nifas, dan istihadhah berdasarkan pemahaman mereka kaitannya dengan amaliah ibadah sehari-hari. Nilai penting selanjutnya dari kitab Risalah al-Mahid ini yaitu kedudukannya sebagai salah satu karya ulama nusantara yang seharusnya mendapatkan apresiasi tinggi dalam bidangnya. Dan dari sisi ini, kitab Risalat al-Mahid menjadi lebih menarik untuk dikaji lebih lanjut.

Terimakasih telah membaca Kitab Terjemahan Risalah Al-Mahid,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. 
 Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB:

Karya             :   K.H. Masruhan
Judul Kitab   :  TERJEMAHAN RISALAH AL-MAHID  (PDF)
Tebal             :   55  halaman (PDF)

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!