Kitab Terjemah  Hikmatus Tasyri'

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab368
PengarangSyaikh Ali Ahmad Al-Jurjawi Tahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriAqidah Dan Akhlak
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Syaikh Ali Ahmad al-Jurjawi  ulama asal Mesir, pada abad 19, dan termasuk satu dari tidak banyak orang  yang termasuk dalam kelompok ulul al-babatau yang mempunyai saripati akal dan memahami hikmah  dibalik  disyari‟atkannya  suatu  hukum.
Dalam pandangan  Syaikh Ali  Ahmad  Al-Jurjawi   Hikmah Tasyri’, beliau mendefiniskannya dengan menggunakan  kata   يقصد (bertujuan),  maka  menurut  beliau  tujuan  dari disyari‟atkannya  seluruh  syari‟at  samawi  itu  adalah  untuk  empat  hal penting. Pola  pikir  atau  kerangka  berpikir  Al-Jurjawi  menetapkan  hikmah tasyri‟ di awali dengan pematangan akidah.

Aqidah adalah pondasi dasar dalam hukum Islam, apabila pondasinya bagus maka bangunan diatasnya dapat  dibangun  dengan  kokoh,  sementara  apabila  pondasinya  goyang maka  tidak  akan  mampu  menahan  bangunan  diatasnya. Artinya  apabila aqidah  bagus  maka  pelaksanaan  syari'at  akan  bagus  juga,  sebaliknya apabila aqidah tidak  bagus  maka  pelaksanaan  syariat  tidak  akan sempurna.

Penekanan aqidah dalam  menetapkan  hikmah tasyri’yang dikemukakan  oleh  Al-Jurjawi apabila  dikaitkan  dengan  kitab  fiqh  yang dijadikan  rujukan yaitu  kitab Bada’i  Sona’i.
Oleh sebab itulah, di tinjau dari sistematikanya, kitab hikmatu tasyri’ wa  falsafatuhu ini  menyerupai  fiqh  akbar  Imam  Abu  Hanifah yang di dalamnya  termuat  semua  aspek  agama  aqidah,  syari‟ah,  muamalah dan  akhlak.

Terimakasih telah membaca Kitab Terjemah  Hikmatus Tasyri',  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. 
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB:

Karya             :   Syaikh Ali Ahmad Al-Jurjawi 
Judul Kitab   :  TERJEMAHAN HIKMATUS TASYRI’  (PDF)
Tebal             :   313 halaman (PDF)

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!