Kitab Terjemahan  Shahih Bukhori

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab369
PengarangMuhammad bin Ismail Al-Bukhari ( Imam Bukhori )Tahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriHadits Atau As-Sunnah
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Muhammad bin Ismail Al-Bukhari atau lebih dikenal Imam Bukhari, lahir di Bukhara, 13 Syawal tahun 194 Hijriah atau 21 Juli tahun 810 Masehi. Beliau wafat di Khartank pada 1 Syawal tahun 256 Hijriah atau 1 September 870 Masehi.
Salah satu kitab kumpulan hadis paling fenomenal karangan Imam Bukhari. Selain nama Sahih Bukhari, kitab ini juga dikenal dengan nama lain, yaitu al-Jami’ al-Musnad, al-Sahih al-Mukhtasar min Umur Rasulillah SAW. Di antara kitab yang masuk kategori Kutubusitah, kitab ini termasuk salah satu kitab terbaik nomor satu, sedangkan Sahih Muslim berada di bawahnya (Imam Bukhari adalah guru dari Imam Muslim).

Kitab ini dinilai sangat baik karena berdasarkan kriteria yang diambil dengan cara yang sangat ketat. Setidaknya beliau menghabiskan kurang lebih 16 tahun untuk menyusun koleksi ini, dan setidaknya telah menghasilkan 2.602 butir hadis dalam kitabnya. Para ahli hadis menyimpulkan bahwa Imam Bukhari dalam menyeleksi hadis sangatlah ketat dan berhati-hati. Setidaknya ada dua kriteria/syarat yang harus dipenuhi.

Pertama, mengenai kualitas perawi hadis. Dalam hal ini, Imam Bukhari hanya memilih hadis yang rawinya tidak dikomentari jelek oleh para pakar hadis, khususnya hadis-hadis yang berkaitan dengan akidah atau dasar Islam.
Kedua, tersambungnya sanad yang jelas. Dalam hal ini, Imam Bukhari menekankan murid mendengarkan langsung atau paling tidak bertemu walau hanya sekali. Beliau tidak mencantumkan hadis yang perawinya tidak dikenal.

Kedua hal inilah yang menjadi pembeda utama serta menjadi alasan mengapa Kitab Sahih Bukhari lebih utama dibandingkan dengan Sahih Muslim.
Terimakasih telah membaca Kitab Terjemahan  shahih Bukhori,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.  Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB:

Judul kitab asal:  Al-Jamik Al-Musnad Al-Mukhtashor min Umuri Rasulillah wa Sunanihi wa Ayyamihi ( الجامع المسند الصحيح المختصر من أُمور رسول الله صلى الله عليه وسلّم وسننه وأيامه)

Karya             :   Muhammad bin Ismail Al-Bukhari
Judul Kitab   :  TERJEMAHAN SHAHIH BUKHORI  (PDF)
Tebal             :   3314 halaman (PDF)
Bidang studi:  Hadits / As-Sunnah

Sumber konten dari: http://telkom-hadits9imam.com
Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!