Terjemahan Kitab Bidayatul Mujtahid ( Jilid 1)

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab379
PengarangAl-Faqih Abul Wahid Muhammad bin Achmad bin Muhammad ibnu RusydTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitPustaka AzzamFan/KategoriUshul Fiqh
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Pembahasan tentang bersuci dari hadats.
Karya Al-Faqih Abul Wahid Muhammad bin Achmad bin Muhammad ibnu Rusyd.
Dalam ilmu " Fiqh dan ushul fiqh" yang lebih menekankan pada aplikasi kaidah-kaidah Fiqhiyah dan Ushul Fiqh, yang lekat pada gaya rasional tanpa harus meninggalkan landasan tekstual (nash).
Beberapa sumber menyebutkan, kitab ini rampung dalam penulisannya sekitar tahun 1188 M saat beliau berumur 62 tahun, tepatnya saat menjabat sebagai Hakim Agung di Cordoba. 

Mengupas tuntas argumentasi dan pandangan aliran-aliran fiqh, baik aliran tekstualis rasionalis, terhitung sejak zaman sahabat hingga abad sekitar abad ke-11 M.  Meskipun Ibnu Rusyd sendiri bermazhab Maliki dan tentu memiliki loyalitas tinggi terhadap madzhabnya. Namun disisi lain, hal tersebut tidak membuatnya lantas gelap mata dalam memandang kebenaran sebuah dalil dan konsep.  Jika ditelaah lebih dalam, tidak jarang kita temukan dalam karya agung ini, penulis dengan tegas membantah pendapat fuqaha' madzhab Maliki, bahkan tidak jarang pula mengkritik pendapat Imam Malik jika menurutnya, terdapat pertentangan dengan dalil-dalil.

Dilihat dari sistematika pembahasannya, kitab ini diawali dengan penjelasan dan pemaparan hukum-hukum syar’i disertai dengan penyebab tembulnya perbedaan pendapat dikalangan ulama.
Hal ini dilakukan Ibnu Rusyd, agar tidak terjadi kesalahan dalam memahami konsep pemikiran para aliran madhab itu sendiri. Kitab ini ditulis, dimulai dari bab thaharah / bersuci, dan diakhiri dengan Al-Aqdiyah / keputusan hukum, dengan total pembahasan sekitar 71 pembahasan.  Setiap Pembahasan meliputi beberapa sub bab / fashal, dan di setiap fasal terdapat beberapa bab, dan di setiap satu bab meliputi beberapa permasalahan.  Akan tetapi, terkadang, di beberapa pembahasan, hanya terdapat satu bab saja, sesuai dengan tingkat keluasan permasalahan yang dibahas. Terdapat pula pemaparan dalil-dalil yang berkenaan dengan kesepakatan para ulama/ fuqaha pada satu masalah, dan pemaparan dalil-dali lain, sebagai landasan perbedaan pendapat antara para ulama dalam suatu masalah.

Yang menarik adalah, Ibnu Rusyd sangat terperinci dan sistemik dalam menyebutkan dalil, beliau memulai dari pendapat para sahabat, dilanjutkan dengan pendapat tabi’in, kemudian pendapat dikalangan imam mujtahid dan disertai dengan dalil nash pada pendapat masing-masing.

Terimakasih telah membaca Kitab Terjemahan Bidayatul Mujtahid ( Jilid 1) ,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.   Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB:

Karya                       :  Al-Faqih Abul Wahid Muhammad bin Achmad bin Muhammad ibnu Rusyd
Penerjemah         :    Ahmad Abu Al Majd
Kitab                     :  TERJEMAHAN BIDAYATUL MUJTAHID  Jilid 1 (PDF)
Tebal                     :   1029  halaman (PDF)
Penerbit               :  Pustaka Azzam

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!