Kitab Terjemahan Ibanah Al-Hakam Syarah Bulugh Al-Maram Jilid 1

ID Kitab402
Pengarang‘Alawi ‘Abbas al-Maliki  Hasan Sulaiman al-NuriTahun Terbit Masehi/Hijriah2010 M/1431 H
PenerbitAl-Hidayah Publication Kuala LumpurFan/KategoriHadist Dan Fiqh
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Sejarah telah membuktikan pada mata dunia bahwa kejayaan Islam itu dapat dilihat dari banyaknya karya-karya yang ditulis oleh ulama-ulama / intelektual-intelektual muslim. Mereka adalah pahlawan yang menegakkan sendi kejayaan Islam pada Abad Pertengahan.

Karya-karya tersebut masih banyak yang tetap langgeng sampai pada generasi sekarang. Dan diantara sekian dari karya-karya intelektual muslim itu adalah kitab Bulugh Al-Maram yang ditulis oleh ulama mutaakhkhirin Ibn Hajar Al-Asqolaniy (773 – 852 H). Karya tersebut mendapat banyak sambutan dari intelektual-intelektual sesudahnya. Diantara mereka juga banyak yang berusaha men-syarahi-nya. Salah satu ulama yang men-syarahi kitab tersebut adalah As-Sayyid ‘Alawiy Al-Malikiy (1328 – 1391 H) dengan kitabnya yang terkenal dengan nama Ibanah Al-Ahkam.

Kitab ini lebih berorientasi pada kombinasi fiqh hadits. Dan ini bisa dilihat bagaimana beliau menjelaskan suatu hadits dengan mengkombinasikan maknanya dengan pendapat tokoh-tokoh / ulama-ulama madzhab tanpa justifikasi pembenaran pada salah satu pendapat.
Misalnya : ketika beliau mengomentari hadits yang diriwayatkan dari Abi Sa’id Al-Khudri r.a. dimana Rasulullah bersabda :

“Sesungguhnya  air itu suci dan sesuatu tidak bisa membuatnya najis” (lihat bab Ahkam Al-Miyah hadits ke-2).

Beliau mengomentari hadits tersebut terutama yang berkaitan dengan kalimat “syaiun” (sesuatu) dengan mengkaitkan pada pendapat / komentar ulama-ulama madzhab. Ia menukil bahwa menurut Imam Malikiy yang dimaksud “syaiun” tersebut tidak dibatasi oleh jumlah; artinya, bila ada air yang kemasukan benda asing baik sedikit atau banyak selama benda itu bukan najis, maka air itu tetap suci. Dan hal itu berbeda dengan yang dikemukakan Imam Syafi’i, Hanafi dan Hambali, yang mereka membatasi sesuatu itu pada faktor jumlah (banyaknya). Artinya kalau sesuatu itu sedikit namun bisa mengubah sifat air, maka air itu tidak dianggap suci.

Terimakasih telah membaca Kitab Terjemahan Ibanah Al-Hakam Syarah Bulugh Al-Maram Jilid 1,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.  Aamiin ya rabbal 'aalamiin

IDENTITAS KITAB:

JUDUL                   :    TERJEMAHAN IBANAH AL-AHKAM SYARAH BULUGH AL- MARAM (Jilid 1) (PDF)
PENULIS               : ‘Alawi ‘Abbas al-Maliki  Hasan Sulaiman al-Nuri
PENERJEMAH     : Nor Hasanuddin H.M. Fauzi
PENERBIT            : Al-Hidayah Publication Kuala Lumpur
TAHUN                  : 2010 M / 1431 H
Tebal                     :   534  halaman (PDF)

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!