Kitab Makna Pesantren Mukhtashar Jiddan

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab425
PengarangSayyid Ahmad Zaini DahlanTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriIlmu Nahwu
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Sayyid Ahmad Zaini Dahlan, guru Syaikh Mahfudz Tremas, yang hingga kini masih dijadikan rujukan mempelajari ilmu Nahwu adalah Mukhtashor Jiddan, yang artinya, ringkes banget. Kitab Mukhtashor Jiddan merupakan syarah (penjelas) paling ringkas dari Kitab Ajurumiyah yang dikarang oleh Syaikh Abu Abdillah Muhammad bin Muhammad Shonhaji Ajurum, yang lebih populer dengan sebutan Shonhaji bin Ajurum.

Menurut Syaikh Zaini Dahlan, siapapun yang ingin mempelajari ilmu tertentu (fan), dia harus mampu bertashawwur (menjelaskan secara deskriptif) akan ilmu yang hendak dipelajari supaya ia mudah menangkap inti dari apa yang dia pelajari. Ada yang 10 hal yang harus dipelajari seorang murid. Hal ini beliau tulis di halaman ke-2 Kitab Mukhtashor Jiddan. Karena itulah, agar kita mudah mempelajari bahasa Arab  modal utama mempelajari Al-Qur'an dan Hadits, maka, ilmu Nahwu harus dipelajari lebih awal. Sama sekali tidak disarankan bagi mereka yang mempelajari agama Islam hanya bermodal terjemah. Dengan Nahwu, kita akan mudah mengetahui struktur kalimat berbahasa Arab, mulai dari irab, bina', amil nawasikh, hadzful a'id dan lainnya. Dengan mengusai ilmu ini, Syaikh Zaini Dahlan berharap kita tidak salah memahami firman Allah dan sabda Rasulullah SAW. 

Terimakasih telah membaca  Kitab Makna Pesantren Mukhtashar Jiddan,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.  Aamiin ya rabbal 'aalamiin

IDENTITAS KITAB

               
                 

JUDUL                  

:

 Makna Pesantren Mukhtashar Jiddan  (PDF)

           

PENULIS               

:

 Sayyid Ahmad Zaini Dahlan

           

PENERJEMAH    

:

             

PENERBIT           

:

             

TAHUN                

:

             

Tebal                  

:

 29  halaman (PDF)

           

 

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!