Kitab Syarah Sibawaih - Tanqihul Albab

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab453
PengarangAmru bin Utsman bin Qumbur al-Bishri ( Sibawaih )Tahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriIlmu Nahwu
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Imam Sibawaih memiliki nama asli Amru bin Utsman bin Qumbur al-Bishri.
Sibawaih adalah julukan beliau, seorang ahli nahwu yang paling terkenal dalam sejarah bahasa Arab. Lahir pada tahun 148 H bertepatan dengan 765 M di Bayda’ sebuah desa di Persia berdekatan dengan Syiraz dan wafat sekitar tahun 180 H bertepatan dengan 796 M.

Beliau belajar kepada tujuh guru, diantaranya: Al-Khalil bin Ahmad al-Farahidi ( salah seorang murid dari Abu Amr, seorang ahli qira’at), Yunus bin Habib, Abu Amr bin al-A’la, Isa bin Umar, Abu al-Khatab, Ibnu Abi Ishaq, dan Harun bin Musa. Namun seorang tokoh bernama Humbert menyangkal atas tujuh guru tersebut. Beliau menegaskan bahwa Sibawaih hanya memiliki dua guru saja yaitu: Al-Khalil dan Yunus bin Habib. Pada awalnya, ilmu pengetahuan yang pertama kali beliau pelajari ialah ilmu fiqh dan hadits. Nama Sibawaih diambil dari bahasa Persia yang terdiri dari dua pecahan kata. Yaitu “Sib” artinya buah apel dan “Waih” artinya wangi. Jadi, Sibawaih artinya wangi buah apel.

Ada yang mengatakan bahwa beliau dijuluki imam Sibawaihi karena kedua pipinya bagaikan buah apel. Sibawaih adalah seorang ahli bahasa klasik yang membicarakan persoalan fonetik dalam bukunya yang berjudul al-Kitab. Kitab tersebut merupakan kitab tata bahasa yang berbahasa Arab dan pertama kali dibukukan. Kitab tersebut mampu mengalahkan kitab-kitab sebelumnya dan memuaskan orang-orang setelahnya.

Terimakasih telah membaca  Kitab Syarah Sibawaih - Tanqihul Albab, di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Aamiin ya rabbal 'aalamiin

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Kitab Syarah Sibawaih - Tanqihul Albab (PDF)

 

PENULIS              

:

Amru bin Utsman bin Qumbur al-Bishri ( Sibawaih )

 

 

PENERJEMAH   

:

       

 

PENERBIT           

:

-----------

   

 

TAHUN                

:

-----------

       

 

Tebal                  

:

526  halaman (PDF)

       

 

               

 

                         

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!