Kitab Nikahul Mut'ah Ibar Tarikh

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab483
PengarangAttiyah Muhammad SalimTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriPernikahan
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Attiyah Muhammad Salim.
Perdebatan hukum nikah mut’ah telah berlangsung sejak lama sehingga memunculkan dua mainstream pemikiran dalam wacana hukum Islam, yaitu yang melarang dan yang membolehkannya. Dalam masalah ini kelompok yang melarang adalah jumhur ulama Ahl as-Sunnah, sedangkan kelompok yang membolehkan adalah Syi’ah. Ulama Ahl as-Sunnah berpandangan jika nikah mut’ah tidak banyak berbeda dengan zina, karena memudahkan kehidupan freesex yang tidak terikat dengan ikatan apapun dan terlepas dari tanggung jawab perkawinan. Akan tetapi pernyataan yang dikemukakan oleh ulama Ahl as-Sunnah tersebut ditanggapi oleh otoritas Syi’ah, dengan menyatakan bahwa nikah mut’ah diperkenankan oleh Nabi Muhammad SAW dan kebolehannya berlaku untuk selamanya.

Alasannya lebih karena nikah mut’ah adalah rahmat Allah SWT yang diberikan kepada ummat Nabi SAW, dan sama sekali berbeda dengan zina. Pendapat yang dikemukakan oleh komunitas Syi’ah di atas, merupakan satu fenomena yang menarik untuk dikaji. Hal tersebut memberikan kesempatan kepada penyusun untuk menyingkap dasar hukum, yakni Hadits yang membolehkan nikah mut’ah dari riwayat kitab Hadits Ahl as-Sunnah dan Syi’ah. Dikarenakan kajian ini merupakan kajian studi takhrij hadits, maka pendekatan yang digunakan adalah pendekatan takhrij hadits, yaitu melakukan analisis terhadap reputasi sanad dan matan, dengan maksud menemukan kejelasan status Hadits yang ditakhrij. Berdasarkan metode yang digunakan, maka terungkaplah bahwa Hadits tersebut, isi matannya merujuk kepada ayat al-Qur’an. Adapun pelarangan nikah mut’ah yang terjadi, adalah pelarangan yang bersifat administratif dari seorang kepala Negara, karena melihat penyimpangan hukum Syari’at oleh sebagian rakyatnya.

Terimakasih telah membaca Kitab - Nikahul Mut'ah Ibar Tarikh, di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Kitab Nikahul Mut'ah Ibar Tarikh (PDF)

 

PENULIS              

:

Attiyah Muhammad Salim

 

 

PENERJEMAH   

:

-----------

     

 

PENERBIT           

:

-----------

   

 

TAHUN                

:

-----------

       

 

Tebal                  

:

158  halaman (PDF)

       

 

               

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!