Terjemah Kitab  Risalah Al-Mustarsyidin

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab491
PengarangImam Al-Harits Al-MuhasibiTahun Terbit Masehi/Hijriah2010 M/1431 H
PenerbitQisthi PressFan/KategoriTasawwuf/ Akhlak
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Imam Al-Harits Al-Muhasibi (165-243 H). Jika dilihat dari periodesasi, ulama kelahiran Bashrah Iraq ini semasa dengan Imam Al-Syafi’i (150-204 H) dan Imam Ahmad bin Hanbal (164-241 H). Imam Al-Harits Al-Muhasibi  salah satu guru Imam Junayd al-Baghdadi. Beliau sufi masyhur yang sanadnya dirunut dan diikuti oleh Nahdhatul Ulama’. Sebagai bukti bahwa beliau merupakan sufi terkemuka, berikut ini komentar-komentar ulama’ lain untuk sosok yang disebutkan rajin melakukan muhasabah hingga digelari Al-Muhasibi. Syaikh Abdul Fattah Abu Ghuddah mengatakan bahwa Imam Al-Muhasibi merupakan sosok yang menghabiskan waktunya untuk berbuat baik, berdakwah, menulis, dan beribadah kepada Allah Ta’ala.

“Tidak ada satu hembusan pun dari nafasnya, kecuali Beliau gunakan untuk kebaikan dan ketaatan yang pahalanya Beliau harapkan di sisi Allah Ta’ala.” ungkap Syaikh Abdul Fattah Abu Ghuddah dalam Syarah Risalah Al-Mustarsyidin. Imam Abu Manshur Abdul Qahir At-Tamimi Al-Baghdadi menyampaikan pengakuannya dengan mengatakan, “Beliau adalah ulama’ kaum Muslimin dalam bidang fiqh, tasawuf, hadits, dan ilmu kalam.” Pengakuan bahwa Imam Al-Muhasibi merupakan pakar hadits dan ilmu kalam juga disampaikan oleh Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam salah satu kitabnya.

“Al-Muhasibi adalah,” ungkap Imam al-Ghazali dalam Ihya’ ‘Ulumuddin, “tinta umat dalam bidang ilmu dan muamalah. Beliau lebih dahulu mengarang daripada seluruh peneliti yang mengkaji noda-noda jiwa, kerusakan-kerusakan amal, dan ketertipuan-ketertipuan dalam ibadanya. Kata-katanya layak dikutip apa adanya.” Ulama’ lain yang juga penulis kitab al-I’tisham, Imam asy-Syathibi Rahimahullahu Ta’ala menyanjung Imam Al-Muhasibi dengan berkata, “Al-Harist al-Muhasibi termasuk sufi terkemuka dan diikuti.” Kitab ini, secara tidak langsung akan membawa kita pada gambaran soal genealogi kitab tasawuf di abad 2 sampai 3 hijriyah.

Terimakasih telah membaca Terjemah Kitab  Risalah Al-Mustarsyidin, di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Aamiin ya rabbal 'aalamiin

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Terjemah Kitab  Risalah Al-Mustarsyidin (PDF)

 

PENULIS              

:

Imam Al-Harits Al-Muhasibi

 

 

PENERJEMAH   

:

Abdul Aziz, SS

     

 

PENERBIT           

:

Qisthi Press

   

 

TAHUN                

:

2010M /------ H

       

 

Tebal                  

:

456  halaman (PDF)

       

 

               

 

                         

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!