Kitab Hasyiah Al-Bajuri Jilid 2

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab537
PengarangSyaikh Ibrahim Al-BajuriTahun Terbit Masehi/Hijriah1999M/1420 H
PenerbitDar kutub islamiyah (DKI), Beirut, LebanonFan/KategoriFiqh
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Isi Kitab : Ilmu Fiqih (Syarah kitab fathul qarib)
Karya Syaikh Ibrahim Al-Baijuri Ibni Qasim, merupakan ulama klasik madzhab syafi’i yang karyanya masih bisa kita pelajari sampai saat ini. Nama lengkap beliau adalah Burhanuddin Ibrahim al-Bajuri bin Syaikh Muhammad al-Jizawi bin Ahmad. Beliau di lahirkan di desa Bajur dari propinsi al-Munufiya Mesir tepat pada tahun 1198 H/1783 M. Wafat hari kamis tanggal 28 Dzulqa`idah tahun 1276 H bertepatan pada 19 juli 1860 M, Qurafah al-Kubra masyhur.

Kitab Al Bajuri ini merupakan kitab penjelas atau kitab syarah fathul qarib mujib, dan fathul qarib sendiri merupakan kitab syarah dari matan ghayah wa taqrib. isi kitab Al Bajuri memuat kaidah ilmu fiqih dengan isi yang lengkap, dan kitab ini menjadi rujukan utama untuk dipelajari santri di pondok pondok pesantren madzhab syafi’i.

Dalam kitab ini dibahas beberapa hukum ilmu fiqih yang diulas secara detail seperti Bab Thaharah atau bersuci, bab Zakat, Bab Sholat, Bab Jinayat sampai dengan Bab Jual Beli. Seperti dengan namanya, kitab ini merupakan kitab penjelas dari kitab syarah fathul qarib. Dan Fathul Qarib merupakan kitab penjelas dari matan Ghayah wa Taqrib.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwasannya isi kitab bajuri adalah penjelasan yang lebih detail dari kitab matan utamanya. Saat ini, kitab hasyiah Al- Bajuri sudah diterjemahkan kedalam banyak bahasa, seperti kitab bajuri makna ala pesantren dalam Bahasa Sunda, Jawa, petuk, bahasa Indonesia, bahasa melayu serta beberapa bahasa asing lainnya yang bukan berbahasa arab.

Banyak pondok pesantren yang menjadikan kitab ini menjadi kitab rujukan utama dalam mempelajari kitab utamanya yakni matan ghoyah. Seperti pondok pesantren lirboyo, tebu ireng dan pondok pondok pesantren madzhab syafi’i lainnya.

Terimakasih telah membaca Kitab Hasyiah Al-Bajuri Jilid 2,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.
 Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Kitab Hasyiah Al-Bajuri Jilid 2 (PDF)

 

PENULIS              

:

Syaikh Ibrahim Al-Bajuri

 

 

PENERJEMAH   

:

------------

     

 

PENERBIT           

:

Dar kutub islamiyah (DKI), Beirut, Lebanon

   

 

TAHUN                

:

1999M / 1420H

       

 

Tebal                  

:

749 halaman (PDF)

       

 

                         

 

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!