Kitab Tafsir Surah Yasin

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab579
PengarangSyaikh Hamami ZadahTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitMa'had Islami SalafiFan/KategoriIlmu Al-Qur'an Dan Tafsir
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Syaikh Hamami Zadah atau lebih dikenal dikalangan santri pondok pesantren dengan sebutan kitab tafsir Yasin Hamami.

Sekilas Tentang Surat Yasin
Adapun Asbabu Nuzul Surat yang masuk dalam kategori Makkiyah ini, bahwa suatu ketika Orang kafir berkata, bahwa (Nabi) Muhammad bukanlah seorang Nabi, apalagi seorang utusan, melainkan hanya anak yatim yang diasuh oleh kakeknya yaitu Abu Thalib. Bahkan mereka (kaum kafir) menegaskan bahwa Muhammad tidak pernah belajar, tidak pernah mengenyam pendidikan dari seorang guru. Maka bagaimana mungkin dia (Muhammad) menjadi seorang Nabi?. Sikap orang-orang kafir yang ingkar terhadap Nubuwwah Rasulullah pada saat itu terus berlangsung. Dan akhirnya Allah SWT membantah tudingan mereka, dan akhirnya menurunkan Surat Yasin ini.

Dan berikut ini salah satu keistimewaan Surat Yasin yang dijelaskan dalam muqaddimah Kitab Tafsir Hamami, Yaitu : Surat Yasin merupakan jantung dari Al-Qur’an.

Barang siapa yang membaca Surat Yasin, maka Allah akan menuliskan untuknya setiap 1 kali bacaan tersebut seakan-akan dibaca 10 kali.

Sabda Rasulullah SAW. " Bahwa Allah SWT Telah membaca Surat Yasin dan Surat Thaha 2000 Tahun sebelum menciptakan Langit dan Bumi. dan ketika para malaikat mendengar hal ini, mereka berkata "Betapa bahagianya Umat Muhammad SAW yang mana telah diturunkan dua surat tersebut (Surat Yasin dan Surat Thaha), Betapa bahagianya orang yang hafal kedua surat tersebut, dan betapa bahagianya orang yang membacanya"

Sabda Rasulullah SAW. "Sesungguhnya Penduduk surga tidak membaca apapun dari Al-Qur’an kecuali Surat Thaha, Yasin dan al-Rahman"

Jika diperhatikan, tafsirr ini tidak sepenuhnya menggunakan riwayat-riwayat sebagai penafsirannya, seperti halnya ciri khas dari Tafsir bi al-Ma'tsur. Namun juga tidak sepenuhnya menggunakan pemahaman Mufassir, sepertihalnya ciri khas dari Tafsir bi al-Ra'yi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Tafsir Yasin  atau lebih dikenal dengan Tafsir Hamami ini masuk dalam kategori Tafsir yang mengkolaborasikan kedua macam tafsir tersebut.

Terimakasih telah membaca Kitab Tafsir Surah Yasin Arab,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. 
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Kitab Tafsir Surah Yasin Arab (PDF)

 

PENULIS              

:

Syaikh Hamami Zadah

 

 

PENERJEMAH   

:

-------

     

 

PENERBIT           

:

Ma'had Islami Salafi

   

 

TAHUN                

:

 M /  H

       

 

Tebal                  

:

28 halaman (PDF)

       

 

                         

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!