Kitab Fathul Bari  Juz 3

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab603
PengarangAl Hafidz Ibnu Hajar Al AsqalaniTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitDarul Khutub Al-Ilmiyyah (DKI)-Beirut, LebanonFan/Kategorisyarah Hadist
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Al-Imam Al-Hafizh Abu Al-Fadhl Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Hajar Al-'Asqalani Al-Mishri . Beliau dilahirkan tahun 773 dan wafat tahun 852 H.  Dalam kitab ini, Ibnu Hajar Al-Asqalani menjelaskan masalah bahasa dan i'rab dan menguraikan masalah penting yang tidak ditemui dalam kitab lainnya, juga menjelaskan dari segi balaghah dan sastranya, mengambil hukum-hukum serta memaparkan berbagai masalah yang diperdebatkan oleh para ulama, baik melibatkan fiqih maupun ilmu kalam secara terperinci dan tidak memihak. Di samping itu, beliau mengumpulkan seluruh sanad hadits dan sejarahnya, serta menjelaskan tingkat keshahihan dan kedhoifannya. Semua itu menunjukkan keluasan ilmu dan penguasaannya mengenai kitab-kitab hadis.

Kitab syarah atau penjelasan kitab Shahih Al-Bukhari ini tergolong kitab syarah yang paling sempurna karena kemampuannya dalam menyajikan dan menerangkan banyak hal. Mulai dari pembahasan masalah yang ditinjau dari ilmu bahasa: definisi masing-masing istilah secara lughawi (etimologi) dan syar'i (terminologi), perbandingan redaksi riwayat-riwayat, penjelasan kaidah ushul fiqih, pengungkapan keterangan ilmu hadis: sanad dan matannya, hingga pelajaran penting dan hikmah hadis Nabawi, serta pembahasan hal-hal yang terkait lainnya.

Oleh karena itulah, kitab Fathul Bari ini sering kali dijadikan sebagai bahan rujukan atau sumber referensi oleh para penulis Muslim, khususnya terkait dengan makna-makna hadis yang tercantum dalam kitab Shahih Al-Bukhari. Tidak ada yang mampu menandingi kitab syarah ini. Memang, terdapat kitab Syarh Shahih Al-Bukhari lain berjudul Umdatul Qari' yang ditulis oleh Al-Badrul 'Aini, tidak lama setelah terbitnya kitab ini. Akan tetapi, ketenaran kitab syarah tersebut masih kalah jauh dibandingkan dengan kemasyhuran kitab Fathul Bari.

Pada jilid pertama ini membahas tema besar yaitu Kitab Shalat, Waktu Shalat dan Keutamannya.

Terimakasih telah membaca Kitab Fathul Bari  Juz 3,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. 
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Kitab Fathul Bari  Juz 3 (PDF)

 

PENULIS              

:

Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani

 

 

PENERJEMAH   

:

---------------

     

 

PENERBIT           

:

Darul Khutub Al-Ilmiyyah (DKI)-Beirut, Lebanon

   

 

TAHUN                

:

  M / H

       

 

Tebal                  

:

734 halaman (PDF)

       

 

                         

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!