Tafsir Al- Mishbah Jilid 11

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab648
PengarangProf. Dr. M.Quraish ShihabTahun Terbit Masehi/Hijriah2002 M/1423 H
PenerbitLentera HatiFan/KategoriTafsir
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Prof. Dr. M.Quraish Shihab
Pada Jilid Ke-Sebelas  Menjelaskan Tentang Tafsir Surah Ar-Rum,Luqman, As-Sajdah, Al-Ahzab, Saba’,Fathir, Yasin.

Surah Ar-Rum Surah ini terdiri dari 60 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyyah karena diturunkan di Mekah sebelum Hijrah. Surah ini dinamakan AR-RUM yang berarti “Bangsa Romawi", diambil dari kisah pada ayat 2,3 dan 4. Tema utama serta tujuan pokok surah ini adalah mengecam kaum musyrikin yang bergembira dengan kemenangan Persia yang menyembah api atas Byzantium yang menyembah Tuhan. Allah menyanggah mereka dan menyampaikan berita kemenangan Byzantium sekian tahun setelah kekalahannya itu. Setelah informasi itu, baru surah ini menguraikan kebodohan kaum musyrikin yang tidak mengambil pelajaran dari keruntuhan dan kebangkitan umat akibat kedurhakaan kepada Allah SWT. Uraiannya kemudian berlanjut pada pembuktian keesaan Allah dan bahwa ini adalah bagian dari fitrah manusia yang tidak dapat dilepaskan.

Surah Luqman, Surah ini terdiri dari 34 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyyah karena diturunkan di Mekah sebelum Hijrah. Surah ini dinamakan LUQMAN yang diambil dari ayat 12. Tema utamanya adalah ajakan kepada tauhid dan kepercayaan akan keniscayaan Kiamat serta pelaksanaan prinsip-prinsip dasar agama.

Surah As-Sajdah, Surah ini terdiri dari 30 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyyah karena diturunkan di Mekah sebelum Hijrah. Surah ini dinamakan AS-SAJDAH yang berarti “Sujud”, karena pada ayat 15 terdapat ayat sajdah. Tema utamanya, serupa dengan tema utama surah-surah Makkiyyah, yaitu ajakan tunduk kepada Allah Yang Maha Esa, Pencipta alam raya dan manusia, serta Pengaturnya. Juga tentang kebenaran Nabi Muhammad SAW. yang kepada beliau diwahyukan Al-Q ur’an serta kepercayaan akan keniscayaan kiamat.

Surah Al- Ahzab, Surah ini terdiri dari 73 ayat, termasuk golongan surah-surah Madaniyyah. Surah ini dinamakan AL-AHZAB yang berarti “Golongan yang Bersekutu ”, karena dalam surah ini terdapat beberapa ayat yang menceritakan perang Al-Ahzab.

 Surah Saba’ Surah ini terdiri dari 54 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyyah. Surah ini dinamakan SABA ’ yang berarti “Kaum Saba ’ ”, karena di dalamnya terdapat kisah kaum Saba’.

Surah Fathir Surah ini terdiri dari 45 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyyah. Surah ini dinamakan FATHIR yang berarti “Pencipta ”, diambil dari ayat pertama. Al-Biqa‘i menegaskan bahwa tema utama surah ini adalah membuktikan qudrat dan kuasa Allah SWT. dalam membangkitkan manusia setelah kematiannya.

Surah Yasin, Surah ini terdiri dari 83 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyyah. Surah ini dinamakan YASIN karena diambil dari ayat pertama.

Terimakasih telah membaca Kitab  Tafsir Al- Mishbah Jilid 11,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. 
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Tafsir Al- Mishbah Jilid 11 (PDF)

 

PENULIS              

:

Prof. Dr. M.Quraish Shihab

 

 

PENERJEMAH   

:

---------------

     

 

PENERBIT           

:

Lentera Hati

   

 

TAHUN                

:

 2002M / 1423H

       

 

Tebal                  

:

559 halaman (PDF)

       

 

                         

 

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!