Kitab Raudlatul Thalibin Wa Umdatul Muftin

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab651
PengarangAl-Imam Al-Allamah Abu Zakaria Muhyuddin bin Syaraf An-Nawawi Ad-DimasyqiTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriHukum-hukum Fiqih Syafi’iyah
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Imam An Nawawi. Nama lengkap Al-Imam Al-Allamah Abu Zakaria Muhyuddin bin Syaraf An-Nawawi Ad-Dimasyqi, lahir di desa Nawa, dekat kota Damaskus, pada tahun 631 H dan wafat pada tahun 24 Rajab 676 H.
Kitab ini memiliki pengaruh yang sangat besar di kalangan Asy-Syafi’iyyah. Demikian besarnya pengaruh Roudhotu Ath-Tholibin di tengah-tengah penganut madzhab Asy-Syafi’i, sampai-sampai Ibnu An-Naqqosy berkomentar,

النَّاس الْيَوْم رافعية لَا شافعية ونووية لَا نبوية

Artinya: “…zaman sekarang, orang-orang adalah pengikut Ar-Rofi’i bukan Asy-Syafi’i dan menjadi pengikut An-Nawawi, bukan Nabi…” (Ad-Duror Al-Kaminah Fi A’yan Al-Mi-ah Ats-Tsaminah, juz 5 hlm 327)

Maksudnya, kaum muslimin di zaman Ibnu An-Naqqosy karena sedemikian besarnya perhatian mereka terhadap kitab Fathu Al-‘Aziz karya Ar-Rofi’i dan bertaklid pada tarjih-tarjihnya seakan-akan menjadi pengikut Ar-Rofi’i bukan Asy-Syafi’i. Mereka -juga- karena sedemikian besarnya perhatian mereka terhadap kitab Roudhotu Ath-Tholibin yang merupakan mukhtashor Fathu Al-‘Aziz itu dan bertaklid pada tarjih-tarjihnya, seakan-akan menjadi pengikut An-Nawawi bukan Nabi. Bahkan adapula yang level fanatisnya mencapai tingkatan luar biasa sampai meyakini bahwa siapapun yang menyalahkan An-Nawawi maka ia kafir!

Di antara hal yang menunjukkan pentingnya kitab ini dikalangan Asy-Syafi’iyyah adalah banyaknya kitab-kitab yang dikarang untuk meringkas kitab ini, mensyarahi, memberinya hasyiyah, dan lain-lain.

Adapun judul dari masing masing kitab memangsama di awalnya, namun judul asli atau judul lengkapnya berbeda. Kitab Raudhatut Thalibin karya Imam An Nawawi berjudul “Raudhatu Al-Thalibin wa ‘Umdatu Al-Muftin” membahas tentang disiplin ilmu fiqih, sedangkan karya Imam Al Ghazali berjudul “Raudhatu Al-Thalibin wa Umdatu Al-Salikin” membahas tentang ilmu tasawuf. Kedua ulama tersebut memang dikenal akan keluasan ilmu yang dimilikinya berkat rahmat Allah Ta’ala. Dan kitab kitab beliau sangat terkenal dan hingga sampai saat ini masih dijadikan kitab rujukan utama dalam berbagai pembelajaran disiplin ilmu.

Terimakasih telah membaca Kitab Raudlatul Thalibin Wa Umdatul Muftin ,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. 
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

 Kitab Raudlatul Thalibin Wa Umdatul Muftin (PDF)

 

PENULIS              

:

Al-Imam Al-Allamah Abu Zakaria Muhyuddin bin Syaraf An-Nawawi Ad-Dimasyqi

 

 

PENERJEMAH   

:

---------------

     

 

PENERBIT           

:

----------------

   

 

TAHUN                

:

 M / H

       

 

Tebal                  

:

2183 halaman (PDF)

       

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!