Kitab Bidayatul Hidayah (Imam Ghazali)

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab700
PengarangImam al GhazaliTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitBeirut, LebanonFan/KategoriTasawwuf
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Salah satu kitab populer yang dikarang oleh Imam Ghazali (450 H-478H).
Kitab ini berisikan panduan hidup dari permulaan (Bidayah) dan akan berakhir pada Hidayah (petunjuk).

Di dalam kitab Bidayatul Hidayah ini, Imam Ghazali menguraikan berbagai amalan harian yang mesti umat muslim lakukan setiap hari. Didalamnya juga terdapat beberapa bab yang membahas tentang adab-adab ibadah, adab bergaul, dan masih banyak lagi.

Secara gari besar, kitab ini memiliki tiga bagian.

  •  Pertama : Adab taat kepada Allah.
  •  Kedua    : Taat meninggalkan maksiat.
  •  Ketiga    : Bab muamalat atau adab bergaul secara vertikal dan horizontal, yakni pergaulan manusia dengan tuhannya dan pergaulan manusia dengan sesamanya.

Sebenarnya tidak hanya tiga bab di atas, di dalam kitab Bidayatul Hidayah ini juga membahas tentang adab masuk kamar mandi, adab wudhu, adab junub dan tayamum, adab menuju masjid, adab membaca shalawat, adab tidur, adab shalat, adab puasa, adab pada hari Jumat, dan masih banyak lagi.

Sekilas Tentang Pengarang Kitab Bidayatul Hidayah

Imam Ghazali, nama lengkap beliau Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Ibnu Muhammad al Ghazali lahir di kota Thus, Khurasan, Persia, pada tahun 450 H. Beliau belajar fiqih pada Ulama Syafi’iyyah, yaitu Imamul Haramain Abdul Imamul Haramain Abul Ma'ali Al-Juwaini (w 478 H).

Beliau (Imam Ghazali) adalah ulama alim kubra, seorang ahli sufi sekaligus ulama hukum yang memiliki gelar Zainuddin Hujjatul Islam. Beliau ulama terkemuka yang memiliki pengaruh besar pada dunia Islam.

Beliau juga memiliki majelis pengajian yang orang-orang memberinya julukan sebagai “Majelis 300 Sorban besar”. Selain ahli fiqih, beliau juga merupakan ahli tasawuf yang tidak ada tandingannya kala itu. Dalam riwayatnya beliau pernah mengajar pada Sekolah Tinggi Syafi’iyyah di Bagdad tahun 484 H.

Dalam bidang fiqih Syafi’i, beliau telah mengeluarkan kitab Al-Wasith, Al-Basith dan Al-Wajiz yang sampai sekarang dipakai oleh sekolah-sekolah Syafi’iyyah. Sedangkan dalam bidang tasawuf beliau membuat kitab Ihya Ulumudin, kitab yang sangat masyhur dan telah dipakai seluruh ulama di penjuru dunia sebagai standar ilmu tasawuf. Imam Nawawi pernah berkata, “Jika semua kitab umat Islam musnah dan yang masih tersisa adalah kitab Ihya, niscaya ia dapat menutupi semua kitab yang musnah tersebut.”

Terimakasih telah membaca Kitab Bidayatul Hidayah, di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

 

 

IDENTITAS KITAB

   

 

           
     

 

             

JUDUL                  

:

 

 

Kitab Bidayatul Hidayah (PDF)

 

PENULIS              

:

 

 

Imam Ghazali

   

PENERJEMAH   

:

 

 

         

PENERBIT           

:

 

 

Beirut, Lebanon

     

TAHUN                

:

 

 

 M /   H

         

TEBAL                  

:

 

 

91 Halaman (PDF)

         
     

 

                             

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!