Kitab Al-Faraid al-Saniyah wa al-Durar al-Bahiyah

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab701
PengarangKH. M. Sya'roni AhmadiTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriAmalan
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Kitab ini mengupas tentang amalan-amalan dan doktrin ahlussunnah wal jamaah terutama an-nahdliyyah yang diambil dari dalil-dalil Al-Qur’an, Sunnah, dan pendapat para ulama Ahlussunnah Wal Jamaah, sehingga tidak heran jika kitab ini digunakan sebagai buku ajar mata pelajaran ASWAJA di madrasah-madrasah dan juga digunakan di pengajian atau majlis ta’lim kalangan NU.

Beliau KH. M. Sya'roni Ahmadi menulis kitab ini konon menurut para tokoh ulama dan santri beliau termotivasi oleh kitab Bariqatul-Muhammadiyah ‘ala Tarekat al-Ahmadiyyah karya KH. Muhammadun (w.1981 M) salah satu ulama berpengaruh di Pati tepatnya di desa Pondowan kecamatan Tayu kabupaten Pati. Beliau juga mengatakan dalam muqaddimahnya bahwa ia mendapatkan dalil-dalil dari para gurunya kemudian beliau menulisnya untuk para santri sehingga dinamai dengan kitab Al-Faraid al-Saniyah wa al-Durar al-Bahiyah.

Kitab ini terdiri dari 33 bab dan 43 halaman dengan diawali mukadimah, setiap bab terdiri dari hadis, kadang disertai dengan ayat al-Qur’an dan pendapat ulama. Diantara bab tersebut membahas tentang ciri-ciri ahlussunnah wal jamaah yang terdapat pada bab ke-2.

Ciri-ciri Ahlussunnah Wal Jamaah

Kita sering mendengar hadis Nabi yang menjelaskan kelak umatku (umat Islam) akan terpecah menjadi 73 golongan, semuanya akan masuk neraka kecuali satu yaitu kelompok ahlussunnah wal jamaah. Namun semua golongan atau kelompok dalam Islam mengaku sebagai ahlussunnah wal jama’ah. Lantas seperti apa ahlussunnah wal jama’ah itu sebenarnya.

Dalam kitab ini Kiai Sya’roni menuliskan hadis yang diriwayatkan Ibnu Umar r.a yaitu:

Dari sahabat Abdullah bin Umar r.a dari Rasulullah saw beliau bersabda: “Barang siapa beriman kepada Allah dan mengikuti sunnah (nabi Muhammad) dan sahabat nabi maka Allah menjadikan setiap langkahnya mengandung 10 kebaikan, dan diangkat derajatnya, seorang bertanya kepada Nabi: wahai Rasulullah bagaimana mengetahui seseorang bahwa ia bagian ahlussunnah wal jamaah?, Rasulullah berkata: ketika didalam diri orang tersebut terdapat 10 ciri maka termasuk ahlussunnah wal jamaah,yaitu ia shalat lima waktu dengan berjamaah,tidak berkata tentang kejelekan dan kekurangan satupun dari sahabat, tidak menentang atau keluar dari pemerintah yang sah, tidak ragu keimanannya dan iman terhadap takdir baik maupun buruk, tidak berpolemik/mendebat agama Allah, tidak mengkafirkan sesama muslim, tidak meninggalkan do’a untuk orang Islam yang telah meninggal, berpandangan bahwa membasuh khuffain hukumnya boleh, tetap melaksanakan shalat dibelakang orang baik atau buruk.”

Ahlussunnah wal jamaah ialah mereka yang berpegang kepada sunnah Nabi Saw, para sahabat dan orang-orang yang mengikuti jalan mereka. Ahlussunnah wal jamaah bukan identik kepada sekelompok atau madzhab tertentu, tetapi siapa saja yang memiliki ciri-ciri atau klasifikasi tersebut di atas.

Terimakasih telah membaca Kitab Al-Faraid al-Saniyah wa al-Durar al-Bahiyah, di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

 

 

IDENTITAS KITAB

   

 

           
     

 

             

JUDUL                  

:

 

 

Kitab Al-Faraid al-Saniyah wa al-Durar al-Bahiyah (PDF)

 

PENULIS              

:

 

 

KH. M. Sya’rani Ahmadi

   

PENERJEMAH   

:

 

 

         

PENERBIT           

:

 

 

       

TAHUN                

:

 

 

 M /   H

         

TEBAL                  

:

 

 

43 Halaman (PDF)

         
     

 

                             

 

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!