Kitab Al-Khozain Al-Saniyyah min Masyahir Al-Kutub Al-Fiqhiyyah li Aimmatina Al-Fuqaha Al-Syafi’iyyah

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab721
PengarangSyekh ‘Abd Al-Qadir Al-MandailiTahun Terbit Masehi/Hijriah2004 M/1424 H
PenerbitMuassasah Al-Risalah, Lebanon, BeirutFan/KategoriFiqih (Biografi Ulama)
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya Syekh ‘Abd Al-Qadir Al-Mandaili. Seorang ulama besar fiqih dan hadis yang berkiprah di Makkah Al-Mukarramah asal Nusantara, tepatnya Mandailing sesuai penisbatan namanya “Al- Mandaili” Sumatera Utara.
Nama lengkap beliau Syekh 'Abd Al-Qadir ibn 'Abd Al-Muthallib Al-Mandaili Al- Indonesi, lahir pada tahun 1322 H (1904 M).
Saat usianya menginjak remaja, beliau pergi haji ke Makkah dan bermukim di sana untuk menunut ilmu. Di Makkah, beliau belajar di Madrasah Al-Shaulatiyyah dan Madrasah Dar Al-Ulum Al-Diniyyah, satu generasi dengan ulama-ulama besar Nusantara lainnya seperti Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari (Jombang), Syekh Abdullah Azhari (Palembang), Syekh Muhammad Manshur Al-Batawi (Betawi, buyut KH. Yusuf Manshur) Syekh Abdul Hamid Al-Khatib (Makkah, putra Syekh Ahmad Khatib Minang), dan lain sebagainya.

Kitab ini selesai beliau tulis pada saat 17 Jumadilakhir tahun 1370 H (26 Maret 1951 M).
Termaktub juga dalam muqaddimah pengarang; “Ini adalah risalah yang aku kumpulkan sebagai pengingat dan para pelajar yang tidak terlalu pandai sepertiku. Risalah ini menghimpun banyak faedah, yaitu nama kitab-kitab (fikih madzhab syafi'i) yang disebut dalam kitab (rujukan) seperti Syekh al-Islam Zakariyya al-Anshari, Syekh al-Khatib al-Syirbini, al-Jamal Muhammad al-Ramli, al-Shihab Ahmad ibn Hajar al-Haitsami dan lain-lain. Aku menamakan risalah ini: “Al-Khozain Al-Saniyyah min Masyahir Al-Kutub Al-Fiqhiyyah li Aimmatina Al-Fuqaha Al-Syafi’iyyah”.

Kitab ini memiliki pembagian ke dalam 8 bab, yaitu:
(1) Nama-nama kitab fiqih madzhab Syafi'i, (2) Tujuh ahli fiqih di Madinah, (3) Nama-nama para pembaharu (mujaddidun) agama Islam dari abad ke abad, (4) Nama-nama ahli hadis yang banyak disebut di kitab-kitab fiqih, (5) Rumus-rumus khusus (gelar) dari nama-nama pengarang kitab, (6) Istilah-istilah tertentu yang ada dalam kajian fiqih dan kajian ilmu lainnya, (7) Nama-nama sekte (firaq ),dan (8) Biografi tujuh Qurra dan periwayat qiraat mereka.

Abd al-Aziz Al-Sayib penyunting kitab ini menceritakan kisah awalnya ditemukan manuskrip kitab ini di Kelantan, Malaysia. Dengan demikian, lengkap sudah kitab ini menjadi bagian dari kontribusi ulama nusantara yang menjadi referensi biografi ulama Syafi’i bagi generasi setelahnya; Santri Nusantara.

Terimakasih telah membaca Kitab Al-Khozain Al-Saniyyah min Masyahir Al-Kutub Al-Fiqhiyyah li Aimmatina Al-Fuqaha Al-Syafi’iyyah, di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Aamiin ya rabbal 'aalamiin

 

 

IDENTITAS KITAB

 

 

           
   

 

           

 

JUDUL                  

:

 

Kitab Al-Khozain Al-Saniyyah (PDF)

 

PENULIS              

:

 

Syekh ‘Abd Al-Qadir Al-Mandaili

 

 

PENERJEMAH   

:

 

'Abd Al-Aziz Al-Sayib

     

 

PENERBIT           

:

 

Muassasah Al-Risalah, Lebanon, Beirut

   

 

TAHUN                

:

 

2004 M / 1424 H

       

 

TEBAL                  

:

 

208 Halaman (PDF)

       

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!