Kitab - Itmamud Diroyah

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab85
PengarangSyaikh  Jalaluddin as-SuyuthiTahun Terbit Masehi/Hijriah1889 M (S)/1309 H
PenerbitSyaikh Al alamah Jalaluddin as SuyuthiFan/KategoriTasawwuf
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

ITMAMUD DIROYAH LI QURROI NUQOYAH  kitab yang membahas tentang berbagai cabang dasar keilmuan agama islam.
Penulis kitab ini merupakan ulama’ besar bernama Syaikh  Jalaluddin as-Suyuthi (bahasa Arab: جلال الدين السيوطي‎) (gelar lengkapnya Abdurrahman bin Kamaluddin Abu Bakr bin Muhammad bin Sabiquddin, Jalaluddin al-Misri as-Suyuthi asy-Syafi'i al-Asy'ari; lahir 1445 (849H) - wafat 1505 (911H).) adalah seorang ulama dan cendekiawan muslim yang hidup pada abad ke-15 di Kairo, Mesir.

Sebenarnya kitab ini merupakan kitab praktis yang  meringkas keterangan yang ada di kitab An Nuqoyah karya penulis juga. MAMDUH AL-QOHTHANI Seorang peneliti tentang kajian ilmu tafsir dalam kitab Itmam Ad-Dirayah menemukan infomasi menarik, berdasar informasi tahun lahir Imam As-Suyuthi dan tahun dimana kitab An-Nuqayah di tulis, diperkirakan Imam As-Suyuthi menyusun kitab tersebut pada umur 22 tahun.

Imam As-Suyuti dalam kitab Itmamu al-Diroyah memberikan definisi ilmu al-Qur’an sebagai berikut:

عِلْمٌ يُبْحَثُ فِيْهِ عَنْ اَحْوَالِ اْلكِتَابِ اْلعَزِيْزِ مِنْ جِهَةِ نُزُوْلِهِ وَسَنَدِهِ وَاَدَبِهِ وَاَلْفَاظِهِ وَمَعَانِهِ اَلْمُتَعَلَّقَةِ بِاْلاَحْكَامِ وَغَيْرِذلِكَ[3]

Artinya: Ulum al-Qur’an ial-ah suatu ilmu yang membahas tentang keadaan al-Qur’an dari segi turunnya,sanandnya, adab makna-maknanya baik yang berhubungan dengan lafal-lafalnya maupun yang berhubungan dengan hukum-hukumnya dan sebagainya.

Secara garis besar kitab ini terdiri dari 233 halaman, dimana di dalamnya penulis membahas 14 cabang dasar keilmuan, yang tentunya dijelaskan oleh penulis dengan bahasa yang mudah difahami, sederhana seingkat padat dan jelas.

14 cabang dasar keilmuan tersebut adalah sebagai berikut:

1.           Ilmu Dasar Agama

2.           Ilmu Tafsir

3.           Ilmu Hadist

4.           Ilmu Ushul Fiqh

5.           Ilmu Faroidl

6.           Ilmu Nahwu

7.           Ilmu Shorof

8.           Ilmu Khot

9.           Ilmu Ma’ani

10.         Ilmu Bayani

11.         Ilmu Badi’

12.         Ilmu Anatomi Tubuh

13.         Ilmu Kedokteran

14.         Ilmu Tasawuf

Penulis mencoba memberikan penjelasan singkat tentang macam-macam dasar keilmuan yang hendaknya harus dipelajari oleh setiap orang Islam. Dimulai dengan pembahasan tentang dasar-dasar agama hingga ilmu kedokteran bahkan ilmu kerohanian/tasawuf.  

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Itmamud Diroyah li Qurroi Nuqoyah, yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat.

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab : Itmamud Diroyah Li Qurroi Nuqoyah (PDF)
Tebal           : 233 halaman (PDF)

 

Sumber : Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!