Kitab - Jawahir Al-Bukhari

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab88
PengarangSyaikh Mustofa Muhammad Imaroh al Mashri.Tahun Terbit Masehi/Hijriah1920 M (s)/1340 H
PenerbitMatbah As Sa'adahFan/KategoriHadist
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

 JAWAHIR AL-BUKHARI (جواهر البخاري) merupakan sebuah ringkasan (mukhtashar) bagi kitab Shahih Al-Bukhari yang disusun oleh Syaikh al-‘Allamah Musthafa Muhammad ‘Imarah al-Mashri, seorang bekas guru di al-Madaris al-Amiriyyah, Mesir. Jumlah hadits dalam kitab ini sebanyak 700 buah, yang dipilih oleh penyusunnya dari Kitab Shahih Al-Bukhari.

Di samping himpunan hadist yang diringkaskan dari Shahih Al-Bukhari, penyusun juga telah melampirkan huraiannya[1] ,yang diambil dari Kitab Irsyad al-Sari li Syarh Shahih al-Bukhari, yaitu kitab yang menghuraikan Shahih al-Bukhari, karya Imam Syihabuddin Ahmad bin Muhammad al-Khatib al-Qasthalani (923H). Berdasarkan kandungannya, yaitu hadits dan syarahnya tersebut, kitab ini boleh juga dianggap sebagai sebuah ringkasan bagi kitab Irsyad al-Sari karya al-Qasthalani tersebut.

Berdasarkan beberapa cetakan kitab edisi Arabnya, judul kitab ini dicatatkan sebagai ‘Jawahir al-Bukhari wa Syarh al-Qasthalani  700 Hadits Masyruhah’.

Kitab ini dimulai dengan muqaddimah penyusunnya yang agak panjang, memenuhi 7 halamannya. Muqaddimahnya diakhiri dengan beberapa bait sya’ir [2], yang menerangkan kembali mengenai kitab Jawahir al-Bukharinya. Di akhir bait syair tersebut dicatatkan tahun 1341H, yang berkemungkinan tarikh cetakan pertamanya [3].

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Jawahir al-Bukhari, yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat.

 

[1] Syarahnya diletakkan di bahagian nota kakinya. Syarah yang dilampirkan dalam kitab Jawahir al-Bukhari ini merupakan ringkasan penyusun kepada huraian asal al-Qasthalani.
[2] Jumlah syair yang disusun oleh Syeikh Musthafa Muhammad ‘Imarah di akhir muqaddimahnya melebihi  20 bait – kata-katanya sungguh indah - yang menunjukkan bahawa penyusunnya seorang sangat berbakat dalam bidang sastera.
[3] Berdasarkan cetakan ketiganya pada 8 Zulhijjah tahun 1348H, dicatatkan juga cetakan keduanya pada10 Syawal tahun 1345H.

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab:  Jawahir Al - Bukhari (PDF)
Tebal: 432 halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap

 

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!