Kitab Jawahirul Kalamiyah

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab89
Pengarangsyaikh Thahir bin Muhammad Salih al JazairyTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitMa'had Al Islami as SalafiFan/Kategoriaqidah
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

JAWAHIRUL KALAMIYAH karangan syaikh Thahir bin Muhammad Salih al Jazairy.
Kitab ini merupakan kitab yang membahas dasar dasar ilmu tauhid  yang berbasih Ahlu sunnah wal Jama’ah.
Nama lengkap penulis adalah Syaikh Thahir bin Muhammad bin Shalih bin Ahmad bin Mauhub al-Sam’any al-Jazairy al-Dimasyqiy.
Ayahnya, seorang faqih bermazhab Maliki dan seorang mufti di Syam. Pada tahun 1263 H. ayahnya pindah dari Aljazair ke Damaskus.

Syaikh Thahir lahir di Syam pada tahun 1268 H. bertepatan dengan tahun 1852 M .Beliau wafat pada bulan Rabi’ul Awwal tahun 1338 H bertepatan dengan 1920 M. Beliau belajar di Madrasah al-Jaqmikiyah dan tamat bersama ustad Abdurrahman al-Bustany. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya belajar kepada Syaikh Abdul Ghani al-Ghonimy al-Maidany (1222-1298 H). Beliau sangat suka mempelajari berbagai disiplin ilmu, antara lain Fisika, Matematika di samping keseriusannya dalam mempelajari ilmu yang berbahasa Arab dan ilmu-ilmu keislaman.

Ketika usianya sampai 30 tahun, beliau telah menguasai bahasa Arab, Persia, Turki dan Prancis. Beliau giat mancari dan mempelajari manuskrip-manuskrip kuno, untuk itu ia membantu berdirinya perpustakaan Dar al-Kutub al-Dzahiriyah di Damaskus dan perpustakaan al-Khalidiyah di Yerussalem.

Murid-Muridnya yang terkenal antara lain :

1. Syaikh Jamaluddin al-Qasimy

2. Syaikh Abdul Razzaq al-Baithar

3. Syaikh Salim al-Bukhariy

4. Syaikh Muhammad Kurdiy Ali

5. Syaikh Muhibudin al-Khathibiy

6. Syaikh Muhammad Said al-Baniy

Syaikh Sai’d al-Bany berkata,” Beliau (Syaikh Thahir) menyeru orang-orang yang murtad untuk kembali kepada Islam, sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW di atas manhaj salafusshalih. Ia membenci sikap jumud (statis) serta taqlid dalam beragama, ia juga menolak setiap sikap yang menghambat dan sikap berlebihan serta sikap mengada-ada (bid’ah) dalam beragama. Ia menganjurkan untuk mengambil hal-hal yang bermanfaat dari peradaban kontemporer serta menolak hal-hal yang mendatangkan kemudharatan. Ia menggabungkan antara argumenaqli dan naqli, ia mengambil inti dari setiap ilmu dan menolak bersikap tekstual sehingga ia menjadi seorang yang berilmu dalam bidang agama, peradaban, matematika, fisika, politik, bahasa, sejarah, archeologi, sosiologi, psikologi, jurnalistik dan sya’ir. Sehingga ia dikenal sebagai ensiklopedi, kunci berbagai bidang ilmu serta kamus dunia”

Karya-karyanya :

Syaikh Thahir al-Jazairy telah menulis lebih dari 20 judul buku, diantaranya :

1. Al-Jawahir al-Kalamiyah fi idhah al-‘aqidah al-Islamiyah

2. Tanbih al-Adzkiya’ fi qishash al-Anbiya’

3. Al-Tibyan li ba’dhi mabahits al-muta’allaqot bi al-Qur’an

4. Taujih al-nazhari ila ‘ilm al-atsar

5. Al-Tafsir al-Kabir (terdiri dari 4 jilid dan tersimpan di perpustakaan al-Zhahiriyah).

Pada tahun 1325 H. beliau pindah ke Mesir, kemudian ia kembali lagi ke Damaskus pada tahun 1338 H. lalu beliau diangkat sebagai anggota Al-Majma’ Al-Ilmiy Al-Arabi serta ditunjuk sebagai kepala perpustakaan Dar Al-Kutub Al-Dzahiry.

Kitab ini berjumlah 34 halaman yang terdiri dari 6 pembahasan (Mubhats) yang setiap babnya disesuaikan rukun iman yang berjumlah 6 juga. Keistimeaan kitab ini adalah penulis mampu memahamkan aqidah dasar yang dituliskna ke dalam bahasa yang simple , padat dan mudah dipahami selain penulis juga menggunakan metode tanya jawab sehingga pembaca lebih mudah dalam memahami isi kitab.

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab:  Jawahirul Kalamiyah (PDF)
Tebal           :  34 halaman (PDF)

 

Sumber: Kitab Islam Lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!