Kitab - Khulashoh Tashawwuf Al-Ghazali

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab95
PengarangAbu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ta’us Ath-Thusi as-Syafi’i al-Ghazali.Tahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitMatbah An Najah, Bab KhalqFan/KategoriTasawwuf
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

 

KHULASHOH AT TASHAWWUF AL - GHAZALI merupakan sebuah karangan kitab dalam bidang tashawwuf yang ditulis langsung oleh  Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ta’us Ath-Thusi as-Syafi’i al-Ghazali.
Kitab Khulasoh ini merupakan ringkasan dari kitab kitab tashwwuf karangan beliau sendiri. Maka isi kandungan dari kitab ini merupakan intisasri dari ilmu tashawwuf karya beliau khususnya pembahasan mengenai ilmu pengetahuan.
Khulashah at-Tashaniif Fi at-Tashawwuf sendiri berarti ringkasan karya-karya dalam bidang tashawwuf. Karya-karya dimaksud adalah kitab-kitab Imam Al-Ghazali sendiri seperti kitab Ihya’ Ulumiddin, Kimiya’as-Sa'ádah, Jawahir al-Quran, Mizan al-Amal, al-Qisthas al-Mustaqim, Mi’raj al-Quds, Minhaj al-Abidin dan sebagainya.

Kitab ini kemudian diberikan kepada muridnya secara munawalah sebagai jawaban atas kegelisahan akademiknya. Untuk kepentingan manfaat yang lebih besar, kitab ini kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Arab oleh Muhammad Amien Al-Kurdi asy-Syafie An-Naqasyabandi, pengarang kitab Tanwir al-Qulub (kitab yang memuat trilogi keislaman: Aqidah, Fikih dan Tashawwuf).

Dalam kajian tashawwuf, Al-Ghazali termasuk sederetan tokoh sufi yang memiliki kontribusi dan pengaruh besar dalam studi keislaman, sebagaimana juga Imam Junaid Al-Baghdadi. Dalam aliran Ahlussunnah wal Jamaah, khususnya Nahdlatul Ulama (NU), kedua tokoh ini diakui sebagai marji’ (referen) dan mazhab dalam bidang tashawwuf.
Bahkan, Al-Ghazali disebut-sebut sebagai core of the core ulama sufi, dengan masterpiece kitab Ihya’ Ulum Ad-din. Karenanya, gelar Hujjat Allah disematkan kepada Al-Ghazali, ditambah kepiawaiannya dalam disiplin ilmu-ilmu keislaman lainnya, seperti ilmu usul fikih (kitab masterpiece: al-Mustashfa).

Perlu dicatat, dalam kajian tashawwuf dikenal dua varian tashawwuf: yakni tashawwuf sunni dan tashawuf falsafi. Perbedaan keduanya terletak pada objeknya. Tashawwuf sunni adalah tashawwuf yang lebih menekankan kepada pengamalan moralitas kenabian (prophetic morality) seperti sifat sabar, tawakkal, zuhud dan sebagainya.

Apa yang ditulis Al-Ghazali dalam kitab Khulashah at-Tashaniif Fi at-Tashowwuf esensinya adalah bagian dari ajaran tasawwuf sunni, yakni corak tashawwuf yang lebih berorientasi kepada kesalehan akhlak (kenabian). Tak heran, bila kitab ini menggunakan pendekatan istidlal dalaliyah (penggunaan dalil-dalil otoritatif) sebagai dasar teori, seperti hadis-hais Nabi dan riwayat-riwayat sahabat.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Khulashoh Tasawwuf, yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat.

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab: Khulashoh Tasawwuf Al-Ghazali (PDF)
Tebal: 33 halaman (PDF)

 

 

Sumber: kitab islam lengkap

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!