Kitab - Kibritul Ahmar

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab96
Pengarang Imam Asy Sya’raniTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitMaktabah Ar Ruhaniyah AsrarFan/KategoriTasawwuf
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

KIBRITUL  AHMAR secara bahasa bisa diartikan dengan belerang merah, namun musonnif kitab menerangkan dalam muqoddimahnya bahwa yang dimaksud dari Kibrit Al Ahmar adalah bahasa kiayasan dari Melebur emas. Kitab ini merupakan fan kitab tasawwuf karangan  Imam Asy Sya’rani.
Nama lengkap beliau adalah Abdul Wahab bin Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Musa Asy-Sya’rani Al-Anshari Asy-Syafi’i Asy-Syadzili Al-Mishri.
Abdul Wahab Asy-Sya’rani terkenal dengan panggilan Imam Asy-Sya’rani, yaitu salah seorang sufi terkenal yang diakui sebagai wali quthub pada zamannya yang memperoleh gelar sufistik Imamul Muhaqqiqin wa Zudwatul Arifin (pemuka ahli kebenaran dan teladan orang-orang makrifat). Dia dilahirkan di desa Qalqasandah – Mesir pada tanggal 27 Ramadhan 989 H. / 12 Juli 1493 M. (W 12 Jumadil Awal 973 H/5 Desember 1565).

Nama Asy-Sya’rani adalah panggilan yang diberikan kepadanya yg diambil dari nama sebuah desa tempat tinggalnya di mana dia dibesarkan, yaitu Sya’rah, sebuah desa di wilayah Mesir. Syaikh Asy-Sya’rani sejak kecil sangat cinta akan ilmu dan gemar sekali menuntut ilmu khususnya ilmu-ilmu dunia dan sufistik. Karena kemuliannya, jika dia sedang berjalan banyak orang menghampirinya dan berebut tangan untuk menyalami dan mencium tangannya hanya sekadar untuk memperoleh berkah dari sang wali. Banyak dari kalangan orang-orang Yahudi dan Nasrani yang menyatakan bertaubat dan akhirnya berbaiat masuk islam dan menjalani amalan sufi yang dibimbing langsung oleh Syaikh Asy-Sya’rani. Demikian pula banyak para penjahat dan pelaku maksiat yang akhirnya sadar dan bertaubat dari perbuatan buruknya setelah mendengar pengajian-pengajian yang disampaikan oleh Syaikh Asy-Sya’rani.

Kitab merupakan nukilan dari kitab Lawaqihul Anwar, di dalam muqoddimah kitab musonnif mengatakan bahwa Kitab Lawqidul Anwar cukup sulit dipahami dan hanya orang tertentu saja yang dapat mengerti sehingg beliau berinisiatif untuk mengarang kitab dengan susunan dan gaya bahasa yang lebih mudah dipahami yang bersumber dari kitab tersebut.

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab: Kibritul Ahmar (PDF)
Tebal: 100 halaman (PDF)

 

 

 

sumber: kumpulan kitab islam


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!