Kitab Kifayatul Al- Akhyar

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab97
PengarangImam Taqiyuddin Abu Bakar bin Muhammad al-HusainiTahun Terbit Masehi/Hijriah2001 M/1422 H (9)
PenerbitDaar Al BasyairFan/KategoriFiqh dan Ushul Fiqh
Download Kitab Tersedia di pukul 08:00 s/d 15:00 WIB Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

KIFAYATUL AL- AKHYAR kitab fiqh Mazhab Syafi’i yang banyak dijadikan rujukan oleh ulama di nusantara.
Kitab ini merupakan kitab yang banyak dipelajari di pondok-pondok pesantren yang ada di Indonesia,terutama pondok pesantren yang bercorak Syafi’iyah.
Kitab ini adalah karya Imam Taqiyuddin Abu Bakar bin Muhammad al-Husaini yang termasuk ulama Mazhab Syafi’i muta’akhkhirin. 
(Taqiyuddin Abu Bakar bin Muhammad al-Husaini dilahirkan pada tahun 752 H dan wafat pada tahun 829 H. Di antara gurunya adalah Syarifuddin al-Syarisi, Syihabuddin al-Zuhri,Syarafuddin al-Ghazi, Badruddin ibn Maktum dan lain-lain.)

Kitab Kifayah Al-Akhyar merupakan syarah dari kitab Ghayah alIkhtishar atau disebut juga Matan Ghayah Wa Taqrib karya Al-Qadhi Abu Syuja.
Nama lengkap beliau adalah al-Qadhi Abu Syuja’ Ahmad bin Husain bin Ahmad al- Ashfahani al-‘Ibadani al-Syafi’i. Lahir di Bashrah pada tahun 433 H dan wafat di Madinah pada tahun 593 H. Beliau termasuk ulama yang berumur panjang (meninggal dalam usia 160 tahun).

Istilah-istilah fiqh umum adalah istilah-istilah yang dipergunakan di dalam ilmu fiqh secara umum, di mana istilah-istilah tersebut dipahami dan disepakati oleh hampir seluruh mazhab fiqh. Seperti istilah-istilah fiqhiyyah atau ushuliyyah, contohnya pembagian hukum taklifi, ada yang diistilahkan dengan Fardh, Mandub, Haram, Makruh dan Mubah. Atau seperti pembagian hukum wadh’i yang diistilahkan dengan Rukun, Syarat, mani’, Shahih, Fasid,Batal, Azimah dan Rukhshah. Istilah lainnya seperti Ada’, Qadha’ dan I’adah. Istilah-istilah ini memiliki makna dan pemahaman yang sama di hampir semua.

Kitab ini sengaja beliau tulis dengan ringkas agar umat muslim adapat menekuni fiqh lebih mudah dengan pemahaman yang lebih dalam, hal tersebut sesuai dengan yang beliau sampaikan di pembukaan kitab bahwa “ Ilmu fiqh memiliki martabat yang mulia nan luhur maka dari itu tekunilah ilmu fiqh lebih baik lagi jika mampu menukuninya sepanjang hayat”.
Salah satu keistimewaan kitab ini adalah pemahaman yang sangat detail dalam tulisan yang cukup ringkas sehingga pembaca dapat lebih mudah memahami isi kandungan kitab.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Kifayatul Akhyar,yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan sampaikan bisa bermanfaat.

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab: Kifayatul Al- Akhyar (PDF)
Tebal: 740 halaman (PDF)

 

Sumber: kitab islam lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!