Kitab - Kifayatul Atqiya (Syarah)

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab98
PengarangSyaikh Abu BakrTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitMa'had Al Islami as SalafiFan/KategoriTasawwuf
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Kitab Kifayat Al-Atqiya Wa Minhaj Al-Ashfiya, lebih dikenal sebagai al-Atqiya,ditulis oleh Syaikh Abu Bakar.
Dalam buku ini ada dua catatan yang begitu jelas dan terang tentang Manzhumah Hidayat Al-Adzkiya Ila Tariq Al-Auliya.   Metode penulisan adalah sebelum menyajikan kelompok nazham tertentu, ia membuat deskripsi dan penjelasan tentang judul, definisi dan batasan yang berkaitan dengan topik. Setelah itu, Nazham dari Hidayat al Adzkiya disebutkan dan penjelasan tentang tujuan penulis Manzhumah.
Selain itu, untuk teks-teks tertentu ia menganalisis tata Bahasa i’rab.  
Abu Bakar bin Muhammad Syatha al Dimyathi lahir pada tahun 1266H / 1849M dan meninggal pada tahun 1310H / 1892M.

Dia adalah seorang guru terkenal di Masjidil Haram di Mekah dan salah satu siswa AlAmah, Allamah Sayyid Ahmad Zaini Dahlan Mufti al-Syafi'iyyah di Mekah alMukarramah di masanya. Dia berasal dari keluarga Syatha, yang terkenal karena beasiswa dan pengabdian. Tetapi dia tidak mengenal ayahnya, karena ketika dia baru berusia tiga bulan, ayahnya, Sayyid Muhammad Zainal Abidin Syatha,meninggal di Rahmatullah.

Pemikiran Abu Bakar Al-Markhum Muhammad Syato’ tentang karakter dalam kitab Kifayatul Atqiya’ Wa Minhaju Asfiya’ adalah taubat, qana’ah, zuhud, tawakal, ikhlas, uzlah, menjaga waktu, menjaga lisan,Kerja keras, Kejujuran, Sabar. Kesemuanya berorientasi pada pembinaan akhlak yang holistik yakni akhlak yang menyeluruh, meliputi akhlak kepada Allah Swt (habl min al Allah), diri sendiri dan orang lain (habl min al-nas). Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Kifayat Al-Atqiya dengan pendidikan agama Islam.

Kitab ini merupakan karangan kitab yang cukup ringkas namun memuat bahasan yang cukup dalam sama halnya dengan karangan - karangan beliau yang lain.
Semoga Bermanfaat.

 

IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab: Kifayatul Atqiya (PDF)
Tebal: 115 halaman (PDF)

 

 

Sumber: kitab islam lengkap


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!