Pesantren (Dayah) Darul Huda, Aceh Selatan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren (Dayah) Darul Huda, Aceh Selatan

Profil
Dayah/Pesantren Darul Huda merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam yang berbasis sistem salaf (Pesantren Tradisional) yang mengajarkan kitab kuning, Al-Qur’an, dan Hadis. Pesantren ini berada di Gampong Sawang Dua, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam.

Dalam sejarahnya, Pesantren Darul Huda didirikan pada tahun 1999 oleh Teungku H. Martunis atau lebih dikenal dengan panggilan Abah Martunis. Beliau merupakan alumni dari Pesantren Istiqamatuddin Darul Mu’arrif Lam Ateuk Kabupaten Aceh Besar dan alumni dari Pesantren Darul Huda Lhung Angen Kabupaten Aceh Utara. Teungku H. Martunis wafat pada tanggal 4 Ramadhan 1440 H atau bertepatan pada tanggal 10 Mei 2019 M.

Pesantren ini sekarang dipimpin oleh menantu Teungku H. Martunis, yaitu Teungku Rasyidi atau di kalangan masyarakat lebih dikenal dengan panggilan Abi Rasyidi. Beliau juga merupakan alumni dari Pesantren Darul Mu’arif Lam Ateuk Kabupaten Aceh Besar.

Pada masa awal berdirinya, pesantren ini hanya memiliki satu komplek saja. Seiring dengan perkembangannya dan juga jumlah santri yang semakin meningkat, pesantren ini sekarang memiliki dua komplek yaitu terdiri dari komplek putra dan putri. Kurikulum Pendidikan yang dipakai Pesantren Darul Huda berpedoman kepada Pesantren Istiqamatuddin Darul Mu’arrif Lam Ateuk Kabupaten Aceh Besar. Kitab-kitab yang dipelajari Pesantren Darul Huda di antaranya: Matan Taqrib fi Ghayah wat Taqrib, Al-Bajuri, I’annatut Thalibin, Al-Mahally

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.