Biografi Syekh Muhammad Syarwani (Guru Bangil)

 
Biografi Syekh Muhammad Syarwani (Guru Bangil)
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga
1.3       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Masa Menuntut Ilmu
2.2       Guru-Guru Beliau
2.3       Mendirikan dan Mengasuh Pesantren

3          Penerus Beliau
3.1       Anak-anak Beliau
3.2       Murid-murid Beliau

4          Organisasi, Karya, dan Karier 
4.1       Riwayat Organisasi
4.2       Karya-karya Beliau
4.3       Karier Beliau

5          Karomah
5.1       Wali Tersembunyi Guru Bangil dan Kiai Hamid

6          Referensi

7          Chart Silsilah Sanad

 

1      Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1       Lahir
Syekh Syarwani atau yang lebih dikenal dengan guru Bangil, nama lengkapnya adalah al-‘Alim al-Fadhil Syekh Muhammad Syarwani bin ‘Abdan bin Yusuf bin Ahmad bin Sholih bin Thohir bin Syamsuddin bin Sa’idah binti Maulana Syekh Muhammad Arsyad bin Abdullah al-Banjari.
Ibunya bernama Hj Ulik binti H Abdul Ghoni bin H Abdul Rahim bin H Abu Su’ud bin Syekh Badruddin bin Syekh Kamaluddin. Beliau lahir tahun 1915 M/ 1334H. di kampung Melayu Ilir Martapura.

1.2       Riwayat Keluarga
Di kota Bangil inilah Guru Bangil menikah pada usia sekitar 30 tahun. Beliau memiliki beberapa istri. Istri pertama bernama Bintang binti Abdul Aziz, istri kedua bernama Gusti Maimunah dan istri ketiga bernama Fauziah. Dari hasil perkawinannya dengan beberapa istrinya ini beliau mendapatkan 28 anak. Dari ke-28 anaknya itu, KH. Kasyful Anwar, anak tertua yang berprofesi sebagai dosen IAIN/UIN Sunan Ampel, yang kemudian menggantikan posisi beliau di Pesantren Datuk Kalampayan.

1.3       Wafat
Beliau wafat pada hari senin malam selasa tanggal 13 Shofar 1410/ 11 September 1989, sekitar jam 19.00 diusia 74 tahun. Dan dimakamkan di pemakaman al-Haddad Dawur Bangil, dekat Qubah Makam habib Muhammad bin Ja’far al-Haddad. Lokasi itu tak jauh dari pondok pesantren yang dibinanya di Bangil, Jawa Timur.

2      Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1       Masa Menuntut Ilmu
 Pendiri pondok pesantren datuk kalampayan Bangil ini, pada usia mudanya setelah mendalami ilmu agama di pondok pesantren Darussalam martapura pimpinan syekh Kasyful Anwar al-Banjari, kemudian beliau bermukim di bangil untuk menuntut ilmu kepada ulama-lama besar seperti KH. Muhdor gondang, KH. Bajuri bangil, KH. Ahmad Jufri pasuruan, dan KH. Abu Hasan Wetan Alun Bangil.

 Pada usia 16 tahun, beliau bersama sepupunya Syekh al-Mufassir Walmuhaddits Anang Sya’roni Arif pergi ke tanah suci untuk menuntut ilmu agama kepada ulama besar di sana dalam pengawasan dan bimbingan penuh syeckh Muhammad Kasyful Anwar al-Banjari. Di sana beliau berguru dengan sejumlah ulama besar antara lain: Assyyid Muhammad Amin Kutbi al-Hasaniy al-Madani, Sayyid Alwi bin Abbas al-Maliki al-Hasani al-Makki,  Syekh Umar Hamdan al-Mahrusiy al-Madaniy, Syekh Muhammad ‘Arobiy. Syekh Hasan Masysyath, Syekh Abdullah al-Bukhori, Syekh saifullah al-Dagistaniy, Syekh syafi’I al-Qodahiy, Syekh Sulaiman Ambon Serta Syekh Muhammad Ahyad al-Buguri al-Batawi. Lebih dari 10 tahun beliau mengaji di tanah suci Makkah al-Mukarromah ini.

 Beliau dikenal oleh para kawan-kawan ngaji dan guru-gurunya sebagai santri yang cerdas dan tawadhu’. Beliau dan KH Sya’roni Arif disebut dengan DUA                 MUTIARA dari Banjar.

Beliau mendapat kepercayaan untuk mengajar di masjidil  Haram beberapa tahun lamanya. Di Makkah beliau mendapat Ijazah Thoriqot annaqsyabandiah dari Syekh Umar Hamdan, dan thoriqot al-Sammaniyyah dari syekh Ali bin Abdullah al-Banjari.

2.2       Guru-Guru Beliau
Guru-guru  Syekh Muhammad Syarwani saat menuntut ilmu di berbagai tempat hinggga ke Mekkah antara lain:

  1.  KH. Muhammad Kasyful Anwar albanjari (paman beliau sendiri)
  2.  al-Qodhi H Muhammad Thoha
  3. KH Ismail Khatib dalam Pagar.
  4. KH. Muhdor GondanG
  5. KH. Bajuri Bangil
  6. KH. Ahmad Jufri Pasuruan
  7. KH. Abu Hasan Wetan Alun Bangil 
  8. Assyyid Muhammad Amin Qutbi al-Hasaniy al-Madani
  9. Sayyid Alwi bin Abbas al-Maliki al-Hasani al-Makki
  10. Syekh Umar Hamdan al-Mahrusiy al-Madaniy
  11. Syekh Muhammad ‘Arabiy
  12. Syekh Hasan Masysyath
  13. Syekh Abdullah al-Bukhari
  14. Syekh Saifullah al-Dagistaniy
  15. Syekh Syafi’I al-Qodahiy
  16. Syekh Sulaiman Ambon
  17. Syekh Muhammad Ahyad al-Buguri al-Batawi
  18. Syekh Ahyad Bogor
  19. Syekh Ali Al Banjary.

2.3       Mendirikan dan Mengasuh Pesantren
 Setelah mengaji di Mekkah beliau pulang kampung dan membuka majlis di rumah dan mengajar di almamaternya yaitu Pondok Pesantren Darussalam Martapura pimpinan Syekh Muhammad Kasyful Anwar al-Banjari, paman beliau sendiri.
         
 Pada tanggal 27 Rajab 1390H/ bulan September 1970 beliau mendirikan Pondok pesantren Datuk Kalampaian di Bangil, salah satu santri pertamanya adalah Syekh Muhamad As’ad  bin Syekh Muhammad ‘arfan al-Banjari. Pesantren yang diberi nama Pondok pesantren Datuk Kalampayan, nama yang diambil untuk mengambil berkah julukan datuknya yaitu Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari. Para santrinya banyak berasal dari Banjar hingga pondok pesantren itu sendiri sering disebut "Pondok Banjar".

3      Penerus Beliau

3.1       Anak-anak Beliau

Putera beliau yang menjadi penerus beliau adalah:

KH. Kasyful Anwar

3.2       Murid-murid Beliau

Murid-murid beliau yang menjadi ulama-ulama terkenal adalah:

  1. Syekh Muhamad As’ad  bin Syekh Muhammad ‘arfan al-Banjari
  2. Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani al-Banjari (Abah Guru Sekumpul)
  3. KH. Abdurrahim, KH. Abdul Mu'thi
  4. KH. Khairan
  5. Prof. Dr. KH. Ahmad Syarwani Zuhri (pimpinan Pesantren Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari Balikpapan)
  6. KH. Muhammad Syukri Unus (pimpinan MT Sabilal Anwar al-Mubarak Martapura)
  7. KH. Zaini Tarsyid (pengasuh Majelis Taklim Salafus Shaleh Tunggul Irang Martapura)
  8. KH. Ibrahim bin KH Muhammad Aini (Guru Ayan) Rantau
  9. KH Ahmad Bakrie (pengasuh Pesantren al-Mursyidul Amin Gambut)
  10. KH Syafi'i Luqman (Tulung Agung)
  11. KH. Abrar Dahlan (Sampit, Kalimantan Tengah)
  12. KH. Safwan Zuhri (Kutai Kertanegara).

4      Jasa, Karya, dan Karier

4.1       Riwayat Organisasi
       Muhtasyar NU

4.2       Karya-karya Beliau

  1. Adz-Dzakhiratus Tsaminah liahlil–Istiqamah
  2. Risalah Sholat Tuntutan Pelaksanaan dari Takbir hingga Salam
  3. Qoshidah Burdah Imam Al-Bushiry 

4.3       Karier Beliau

Pengasuh pesantren Datuk Kalampayan

5       Karomah

5.1        Kisah Wali Tersembunyi Guru Bangil dan Kiai Hamid Pasuruan

Guru Bangil bernama lengkap Syaikh Muhammad Syarwani bin H Abdan. Dulu beliau pernah hendak diangkat menjadi Qodhi (hakim) di Martapura, akan tetapi beliau tidak mau. Beliau malah memilih hijrah ke Bangil. Akhirnya yang menjadi Qodhi di Martapura saat itu adalah Guru Husein Qodri.

Guru Bangil adalah seorang ulama mastur (wali yang tersembunyi), berbeda dengan murid beliau yaitu KH Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul yang menjadi ulama masyhur. Dulu Guru Bangil juga pernah berjualan di toko di Bangil sampai-sampai orang tidak tahu bahwa beliau adalah ulama besar. Salah satu guru dari Guru Bangil yaitu Kyai Hamid Pasuruan (Kyai Sepuh Jawa Timur) menyarankan supaya Guru Bangil muncul dan mengajarkan ilmu kepada murid-murid.

Karena disuruh sang guru, barulah Guru Bangil mau muncul dan mengajarkan ilmu agama kepada murid-murid. Sejak saat itulah Guru Bangil banyak yang tahu bahwa beliau adalah ulama besar atas arahan Kyai Hamid Pasuruan. Awalnya hanya Kyai Hamid saja yang tahu bahwa Guru Bangil ini adalah seorang Waliyullah.

Kyai Hamid Pasuruan adalah salah satu guru utama dari Guru Bangil. Kyai Hamid yang bernama lengkap Kyai Abdul Hamid bin Abdullah bin Umar Basyaiban. Beliau adalah seorang wali dan ulama besar. Serta beliau adalah dzurriyatnya Rasulullah SAW (golongan habaib). Jika Kyai Hamid tidak menyuruh Guru Bangil muncul maka sampai akhir umur Guru Bangil tidak ada yang tahu di Bangil bahwa Guru Bangil adalah seorang ulama besar.

Guru Bangil adalah khalifah dari guru beliau yang bernama Sayyid Muhammad Amin Kutbi di Mekkah. Guru Bangil juga merupakan Syaikh Murobbi Mursyid dari Guru Sekumpul. Apa-apa masalah hidup dan kebaikan, Guru Sekumpul selalu lapor kepada Guru Bangil bagaimana cara menggunakannya.

Guru Bangil adalah sahabat dari Syaikh Yasin Padang. Guru Bangil merupakan keponakan dari Syaikh Muhammad Kasyful Anwar bin H Isma’il (pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Martapura Periode Ke-3).

Beliau juga sempat mengajar di pondok Pesantren Darusaalam Martapura. Salah satu karomah Guru Bangil adalah setiap tahunnya pada saat acara haul beliau, para jama’ah yang datang selalu bertambah di setiap tahunnya. Dan salah satu keistimewaan Guru Bangil adalah beliau dimaqomkan di pemaqoman Para Habaib bermarga Al Haddad di Dawur, Bangil.

6    Referensi

  1. Raudhatul Muhibin 
  2. https://alif.id/

7.   Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru Syekh Muhammad Syarwani (Guru Bangil) dapat dilihat DI SINIdan chart silsilah sanad murid beliau dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 13 Desember 2021, dan terakhir diedit tanggal 08 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya