Penjelasan dari Hukum Arisan Qurban

 
Penjelasan dari Hukum Arisan Qurban

Pertanyaan:

Fenomena yang berkembang saat ini di masyarakat untuk kemudahan dalam berqurban adalah menggunakan system iuran ataupun arisan. Adakah dasar dalam Islam yang memperbolehkannya?

Ranting NU Jepara Kec. Bubutan Sby

 

Jawaban: Di masa Rasulullah Saw hal semacam ini sudah terjadi, bahkan Rasulullah Saw pernah melakukannya. Dalam sebuah riwayat, Abu Asad as-Sulami berkata: عَنْ أَبِي اْلأَسَدِ السُّلَمِي عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ قَالَ كُنْتُ سَابِعَ سَبْعَةٍ مَعَ رَسُولِ اللهِ  قَالَ فَأَمَرَنَا نَجْمَعُ لِكُلِّ رَجُلٍ مِنَّا دِرْهَماً فَاشْتَرَينَا أُضْحِيَّةً بِسَبْعِ الدَّرَاهِمِ فَقُلْنَا يَا رَسُولَ اللهِ لَقَدْ أَغْلَيْنَا بِهَا. فَقَالَ رَسُولُ اللهِ  إِنَّ أَفْضَلَ الضَّحَايَا أَغْلاَهَا وَأَسْمَنُهَا (رواه أحمد وأبو الأسد لم أجد من وثقه ولا جرحه وكذلك أبوه وقيل: إن جده عمرو بن عبسة قلت: وتأتي أحاديث في جواز ذلك في أضحية النبي  إن شاء الله اهـ مجمع الزوائد 4/ 16)

"Saya adalah orang ketujuh bersama Rasulullah Saw, kemudian Beliau memerintahkan agar kami mengumpulkan uang Dirham, kemudian kami membeli hewan Qurban dengan 7 Dirham tadi. Kami berkata: "Ya Rasulallah, kami membeli hewan Qurban termahal". Kemudian Rasulullah Saw bersabda: "Sesungguhnya hewan Qurban yang terbaik adalah yang paling mahal dan gemuk" (HR Ahmad no 15533, al-Hafidz al-Haitsami tidak mengomentari status hadis tersebut dan ia memperbolehkan hal tersebut) Tetapi dengan ketentuan satu ekor kambing untuk satu orang. Sedangkan satu ekor sapi cukup untuk 7 orang.

 

Sumber: Buku JAWABAN AMALIYAH DAN IBADAH Yang Dianggap Bid’ah, Sesat, Syirik dan Kafir