Pesantren Al-Ittifaqiah Ogan Ilir

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.1
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Ittifaqiah Ogan Ilir

Profil

Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah berada di Jln. Lintas timur km 36 kota Indralaya. Kabupaten Ogan Ilir Propoinsi Sumatera Selatan 30662 Indonesia, terletak persis dipinggir jalan ditempuh hanya dua jam perjalanan dari bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, dekat dengan kampus Universitas Sriwijaya Indralaya (hanya 3 km ke arah selatan jalan raya lintas timur)

Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah didirikan oleh KH. Ishak Bahsin pada tahun 1922 dan berkembang pesat menjadi pesantren modern dengan memiliki pendidikan formal dari TK, MI, MTs, MA, dan perguruan tinggi IAI  Al-Ittifaqiah.

Sejarah

KH. Ishak Bahsin, Ulama besar lulusan al-Azhar Mesir, mulai melaksanakan pengajaran ilmu-ilmu keislaman di rumah beliau di Sakatiga dengan menggunakan
kitab-kitab kuning yang beliau pelajari di al-Azhar. Sistem yang digunakan masih bersifat tradisional. Non klasikal, non madrasah. Periode ini merupakan awal dari
madrasah formal yang beliau dirikan pada tahun 1922. Setelah 4 tahun melaksanakan program pendidikan tradisional, maka pada tahun 1922, KH. Ishak Bahsin mendirikan dan memimpin Madrasah Ibtidaiyah Siyasiyah Alamiyah di Sakatiga, sebuah madrasah formal setara Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah dengan masa belajar 8 tahun.

Selama 10 tahun madrasah ini melaksanakan program pendidikannya di bawah rumah penduduk. Pada tahun 1932 dibangun gedung madrasah dengan ruang belajar 5 lokal. KH. Ishak Bahsin wafat pada tahun 1936. Kepemimpinan madrasah itu dilanjutkan oleh anak beliau KH. Bahsin Ishak. Pada tahun 1942, saat madrasah ini memiliki 300 santri, gedung Madrasah ini dibakar oleh orang yang tak di kenal. Saat itu bertepatan dengan pendudukan jepang sehingga madrasah ini bubar.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.