Pesantren Madarijul `Ulum Bandar Lampung

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Madarijul `Ulum Bandar Lampung

Profil

Pada tahun 1989, KH. Ihya ‘Ulumuddin, mendirikan sebuah majelis taklim yang diberi nama An Nahliyyah. Majelis taklim An Nahliyyah ini selalu mengadakan pengajian untuk berbagai usia. Khusus bapak-bapak, pengajian digelar setiap malam Sabtu. Sedangkan untuk ibu-ibu, pengajian diadakan setiap hari kamis bakda sholat Ashar.

Ada pula pengajian untuk remaja putera puteri yang digelar setiap malam. Sementara untuk anak-anak diadakan setiap pagi dan sore. Semua pengajian tersebut digelar di kediaman KH Ihya ‘Ulumuddin, di Kampung Sukamernah, Kelurahan Keteguhan, Teluk Betung Barat. Pada tahun 1996, An Nahliyyah berubah menjadi Ponpes yang menjadi cabang dari sebuah Ponpes milik seorang ulama terkenal, (alm) KH Hayatunnufus.

Ponpes itu diberi nama Al Utrujiyyah cabang 1 Kel. Keteguhan sesuai dengan nama Pondok Pesantren milik KH. Hayatunnufus, yang berada di Kota Karang, Teluk Betung Barat. Ponpes itu berkembang pesat. Jamaah tidak hanya berasal dari Kelurahan Keteguhan saja tetapi juga hampir seluruh Kelurahan di Kecamatan Teluk Betung Barat.

Dua tahun kemudian, atas saran KH. Hayatunnufus, Ponpes yang dikelolanya KH Ilya lebih dikembangkan lagi segi pendidikan agamanya. Ponpes itu pun berubah nama menjadi Ponpes Salafiyyah Tahfidzul Qur’an Madarijul ‘Ulum.
Pendiri
KH. Ihya ‘Ulumuddin

Pengasuh
KH. Ihya ‘Ulumuddin

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.