Pondok Pesantren Salafiyah Parappe Polewali Mandar

Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pondok Pesantren Salafiyah Parappe Polewali Mandar

Profil
Pondok Pesantren Salafiyah Parappe (PPSP) atau yang dikenal dengan Pondok Pengajian Kitab Kuning/Gundul yang terletak di Desa Parappe Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat adalah sebuah wadah pendidikan yang hadir secara khusus berorientasi membina dan membentuk generasi-generasi Islam agar faqiih fid-diin melalui kajian kitab-kitab turats atau kitab kuning warisan Ulama Salaf (klasik). Eksistensi PPSP sesungguhnya sudah melaksanakan agenda kegiatannya sejak tahun 1970-an silam, meskipun dengan sebuah system yang sangat sederhana dengan cara mangaji tudang atau belakangan dikenal dengan istilah sorogan di kediaman Ag. K.H. Abd. Lathif Busyra (Pendiri dan Pengasuh PPSP sampai sekarang).

Dengan melihat perkembangan jumlah santri yang terus bertambah dari waktu kewaktu bahkan merambah keluar provinsi. Maka pengurus yang sudah dibentuk di bawah asuhan sang Kiyai yang berdarah Mandar Makassar itu berinisiatif untuk membentuk sebuah yayasan pendidikan Islam untuk meng-koordinir perkembangan santri tersebut. Upaya tersebut akhirnya bisa terwujud pada tahun 1997 yang diberi nama Yayasan Pondok Pesantren Assalafiy yang sampai sekarang menaungi madrasah diniyah, Ula’ (Ibtidaiyyah), Wustho’ (tsanawiyah) dan Ulya’ (‘aliyah) dibawah naungan KEMENAG. Pondok Pesantren Salafiyah Parappe PPSP diharapkan kelak menjadi kiblat pendidikan Islam di daratan Sulawesi pada khususnya dan Indonesia pada umumnya dalam melahirkan kader-kader Ulama yang professional di bidangnya
Pengasuh : KH. Abd. Latif Busyra (Nangguru Lati)
Pendiri : KH. Abd. Latif Busyra (Nangguru Lati)
Pendidikan
Program Unggulan
Program bahasa Inggris untuk sekolah level SMP dan SMU serta SMA Trensains yang siap menjadikan siswa terbaik di bidangnya Salafiyah Parappe memiliki lembaga pendidikan mulai dari Salafiyah Tingkat Ula, Salafiyah Tingkat Wustha dan Pendidikan Diniyah Formal Tingkat Ulya. Jumlah Santri Putra : 686 Jumlah Santri Putri : 250
Pendidikan Informal 
1. PP. Salafiyah Parappe Tingkat Ula
2. PP. Salafiyah Parappe Tingkat Wustha
3. Pendidikan Diniyah Formal PP. Salafiyah Parappe Tingkat Ulya
Pendidikan Nonformal
1. Pengajian bakda subuh
2. Pengajian bakda maghrib
Program
1. Panti asuhan Al-Mutarahamah
Fasilitas
Pesantren Salafiyah Parappe menyediakan fasilitas pondok pesantren yang bersih, rapi, dan nyaman untuk tempat tinggal santri dengan didampingi oleh kepala kamar dari Santri Senior sebagai pembimbing harian. Luas Area : 20.000 m2 Fasilitas :
1. Poli kesehatan
2. MCK rapi bersih
3. Koperasi
4. Masjid
5. Balai pertemuan
6. Tempat bermain dan bersosialisasi
7. Perpustakaan Perpustakaan menyediakan pilihan buku dan kitab rujukan yang memadai. Ruang baca memadai.
8. Asrama
9.Kantin
10. Balai Kesehatan
11. Dapur
Ekstrakurikuler
Pesantren Salafiyah Parappe memiliki beragam kegiatan ekstrakurikuler yang memberikan banyak nilai positif bagi santrinya Prestasi : 1. Juara II Bidang Hadis Putra Ulya Pada Musabaqah Fahmi Kutub Al Turats Tingkat Nasional ke II Tahun 2006 di PP.Lirboyo 2. Juara II Bidang Fiqhi Putri Ulya Pada Musabaqah Fahmi Kutub Al Turats Tingkat Nasional ke II Tahun 2006 di PP.Lirboyo 3. Juara I Bidang Fiqhi Putri Ula’ Pada Musabaqah Fahmi Kutub Al Turats Tingkat Nasional ke III Tahun 2008 di Banjarmasin 4. Juara II Bidang Fiqhi Putra Wustho Pada Musabaqah Fahmi Kutub Al Turats Tingkat Nasional ke III Tahun 2008 di Banjarmasin 5 Juara III Bidang Fiqhi Putri Ulya Pada Musabaqah Fahmi Kutub Al Turats Tingkat Nasional ke III Tahun 2008 di Banjarmasin 6. Juara II Bidang Akhlak Putri Ula Pada Musabaqah Fahmi Kutub AlTurats Tingkat Nasional ke IV Tahun 2011 di NTB 7. Juara III Bidang Fiqh Putra Ulya Pada Musabaqah Fahmi Kutub Al Turats Tingkat Nasional ke IV Tahun 2011 di NTB Ekstrakurikuler :
1. Membaca Qur’an Tartil
2. Entrepreneurship
3. Olahraga 
Alamat
 Jl. Mesjid Syuhada 45 Parappe Desa Parappe Kec. Campalagian, 91353,Kab. Poliwali Mandar,Sulawesi Barat
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://salafiyahparappe.com/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.