Pesantren An Nur Bantul

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren An Nur Bantul

Profil

Pondok Pesantren An Nur, adalah lembaga di bawah naungan Yayasan Al Ma’had An Nur. Didirikan oleh KH. Nawawi Abdul Aziz pada tahun 1978 M. Terletak di Dusun Ngrukem Desa Pendowoharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampai sekarang, Pondok Pesantren An Nur telah mengalami perkembangan pesat. Dan setelah beliau wafat, estafet kepemimpinan diteruskan oleh putra-putri beliau.

Jumlah seluruh santri mukim hingga 2021 sebanyak 2646 santri. Terbagi menjadi 740 santri Komplek Pusat Putra, 736 santri Komplek Pusat Putri, 397 santri di Komplek Khodijah, 437 santri di Komplek Maghfiroh, 147 santri di Komplek Nurul Huda, dan 189 santri di Komplek At Tarik.

Komplek Pusat putra memiliki 10 komplek kecil, meliputi: Al A’la, Al Ma’wa, Al Firdaus, As Salam, Al Aqsho, MAK, An Naim, Al Qoror, Al Mabruk, Al A’raf. dan Al Madinah. Sedangkan komplek pusat putri mempunyai 9 komplek kecil: Al Hikmah, Al Jadidah, Ar Roudloh, Al Jannah, Al Aziziyah, An Nameera, As Shofa, Al Marwa, dan An Nisa. Komplek pusat diasuh oleh K.H Muslim Nawawi didampingi Ny. Hj. Lilik Nur Kholida, K.H. ‘Ashim Nawawi bersama Ny.Hj. Farhah, K.H Mukti Nawawi dengan Ny. Hj. Thoyyibatus Sariroh, dan Ny. Hj. Zumrotun

Beranjak ke Komplek Khodijah, komplek yang berdempetan dengan madrasah. Kini, Komplek Khodijah telah berkembang menjadi 3 komplek kecil. Khodijah 1 (Pusat) diasuh oleh Ny. Hj. Umi Azizah, putri ke-7 dari KH. Nawawi Abdul Aziz. Sedang Khodijah 2 sampai 4 diampu oleh putra-putri Ny. Hj. Umi Azizah. Khodijah 2 diampu oleh Agus Izzatu Muhammad, SHI. Khodijah 3 diampu oleh Dr. Khoirun Ni’at, Lc MA. Dan Khodijah 4 diampu oleh Agus Mahrus Asmu’i S. Pd. I.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.