Pesantren Hidayatut Thullab Trenggalek

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Hidayatut Thullab Trenggalek

Profil

Pesantren ini adalah yang tertua, yakni berdiri sejak tahun 1790 masehi. Terletak di Desa Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Meski nama resminya Pondok Pesantren Hidayatut Thullab, namun orang jarang mengenal nama itu. Masyarakat lebih akrab dengan sebutan Pondok Tengah, Pondok Kamulan atau Pondok Durenan. Disebut Pondok Tengah karena di Desa Kamulan ada lima pondok pesantren, sedangkan pesantren ini berada di tengah. Disebut Pondok Kamulan dan Durenan karena mengikuti nama desa dan kecamatan tempat pesantren berada.

Penyebutan Pondok Tengah lebih masyhur dibandingkan penyebutan dengan nama lainnya, sebab hal ini membedakan antara pesantren lainnya yang masih berada pada wilayah Desa Kamulan. Setidaknya ada lima pesantren yang terletak di desa Kamulan. Posisi Pondok Pesantren Hidayatut Thullab berada di tengahnya.

Pesantren tersebut memiliki gaya arsitektur yang cukup megah dan sudah berdiri sejak kerajaan Majapahit. Awalnya daerah yang menjadi lokasi pesantren tersebut masih berupa hutan belantara, bekas reruntuhan Kerajaan Sendang Kamulan. Pesantren ini didirikan oleh Kiai Yunus.

Kiai Yunus, berasal dari keluarga kerajaan Mataram yang memutuskan untuk menjauh dari kerajaan karena berselisih paham dengan kebijakan kerajaan yang menjalin hubungan dengan Belanda.

Di tempatnya yang baru, beliau membangun tempat tinggal sederhana yang beratapkan ilalang. Di tempat inilah awal mulanya penyebaran ajaran Islam di daerah tersebut.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.