Pesantren Hidayatut Thullab Trenggalek

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Hidayatut Thullab Trenggalek

Profil
Pesantren ini adalah yang tertua, yakni berdiri sejak tahun 1790 masehi. Terletak di Desa Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Meski nama resminya Pondok Pesantren Hidayatut Thullab, namun orang jarang mengenal nama itu. Masyarakat lebih akrab dengan sebutan Pondok Tengah, Pondok Kamulan atau Pondok Durenan. Disebut Pondok Tengah karena di Desa Kamulan ada lima pondok pesantren, sedangkan pesantren ini berada di tengah. Disebut Pondok Kamulan dan Durenan karena mengikuti nama desa dan kecamatan tempat pesantren berada.

Pesantren yang bangunannya cukup megah itu berdiri sejak kerajaan Majapahit. Konon, di tengah hutan belantara, tepatnya di bekas lokasi Kerajaan Sendang Kamulan yang sudah runtuh, tinggallah Kiai Yunus. Beliau berasal dari keluarga kerajaan Mataram yang melarikan diri karena kurang setuju dengan kebijakan kerajaan menjalin hubungan dengan Belanda. Kiai Yunus yang merupakan cucu dari Kerajaan Mataram mendirikan tempat tinggal sangat sederhana dengan atap ilalang. Di tempat itulah ia menjadikan pusat penyebaran ajaran Islam. Pada tahun 1996, Kiai Mahmud wafat dan regenerasi kepemimpinan pesatren pun kini memasuki generasi kelima. Sampai saat ini Pondok Tengah atau Pondok Kamulan diasuh KH Thoha Munawar, KH Mahmud Ihsan dan KH Baha’udin.

Pendidikan
Adapun pendidikan yang telah disediakan antara lain, PAUD, raudlatul athfal, TPQ an-Nahdliyah al-Ihsaniyah dan madrasah diniyah serta ibtidaiyah, tsanawiyah dan aliyah.

Fasilitas
asrama santri berlantai satu, dua, tiga, gedung madrasah satu lantai yang mempunyai enam ruang, gedung madrasah berlantai empat dengan jumlah ruangan dua puluh satu, koperasi, perpustakaan, balai pelatihan ketrampilan, gedung serba guna, sampai pos kesehatan pesantren (POSKESTREN). Sedang untuk menunjang kebutuhan santri putri, di samping kelengkapan dapur dan MCK, pesantren ini menyediakan dua gedung berlantai dua yang mempunyai 39 ruangan.

Ekstrakurikuler
Pembinaan Tahfidz dan Tanfidz Al-Qur'an, marawis atau hadrah, Kajian kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola, marching band, pengembangan jurnalistik dan publisistik, pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan hidup/usaha.

Alamat
Jl. Raya Kamulan - Durenan, Kamulan, Durenan, Kabupaten Trenggalek, 66381, Jawa Timur
Telepon: +62 355 879525
 

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

 

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Sunani

    Minggu, 23 Pebruari, 2020

    Assalamualaikum, mohon info pendaftaran dan terkait biaya pesantren