Pesantren Miftahul ‘Ula Nglawak, Nganjuk

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP2
MA/SMA3 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Miftahul ‘Ula Nglawak, Nganjuk

Profil

Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula didirikan oleh KH. Abdul Fattah Jalalain jauh sebelum kemerdekaan negara RI tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah 1359 H yang bertepatan dengan tanggal 1 Januari 1940. Pada awalnya pengajian dilakukan dengan metode sorogan dan bandongan. Karena semakin banyaknya para santri yang mondok, maka dibukalah sistem madrasah yang semula bernama Madrasah Salafiyah Nahdlatul ‘Ulama.

Demikian halnya dengan nama pesantren yang semula bernama Pondok Pesantren Nglawak Kertosono dikemudian hari diberi nama Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula. Pada tahun 1967 diadakan proses pe-negeri-an dan diresmikan pada tahun 1968 menjadi MTsAIN dan MAAIN yang sekarang bernama MTsN dan MAN dengan ketentuan bahwa segala tujuan madrasah harus sehaluan dengan tujuan didirikannya Pondok Pesantren.

Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula berlokasi di desa Nglawak, Kec. Kertosono, Kab. Nganjuk, Jawa Timur. Pondok Pesantren Miftahul ‘Ula telah berkembang modern dengan mendirikan pendidikan formal di antaranya:MTs Miftahul ‘Ula, MA Miftahul ‘Ula, dan SMK Al-Fattah.

Sejarah

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.