Pondok Pesantren Tarbiyatul Mutathowi'in Madiun

 
Pondok Pesantren Tarbiyatul Mutathowi'in Madiun

Profil
Keberadaaan Pondok Pesantren Tarbiyatul Mutathowi’in Dusun Ngujur Desa Rejosari Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun merupakan rangkaian panjang dari perjuangan para tokoh pendiri dan pejuang Pendidikan Agama di Dusun Ngujur Desa Rejosari Kecamatan Kebonsari Kab. Madiun, menyadari akan tugas dan tanggung jawabnya untuk mengembangkan agama dan menyediakan tempat pendidikan bagi masyarakat sekitar Desa Rejosari, tokoh-tokoh tersebut antara lain :

  1. KH. Ali Rahmat
  2. K. Matlab
  3. K. Ashuri
  4. K. Sudirman
  5. Masyarakat Dusun Ngujur

Pada tahun 1946 para tokoh tersebut mendirikan Pondok Pesantren dan untuk menopang pendidikan formalnya didirikanlah Madrasah Ibtidaiyah/SR1 di Dusun Ngujur Desa Rejosari dengan bekal tekad dan semangat yang kuat. Madrasah tersebut berdiri dan bertahan. Pada tahun 1960 berubah menjadi Madrasah Mu’alimin yang akhirnya pada tahun 1970, berdasar SK Menteri Agama No. 176 tanggal 9 Agustus berubah menjadi PGAN. Selanjutnya sesuai dengan kebijakan Pemerintah dalam hal ini Departemen Agama, PGAN tersebut diubah menjadi MTsN Rejosari  untuk kelas I, II, dan III sedang MAN Rejosari untuk kelas IV, V dan VI. Sedang untuk tingkat Dasar didirikan Madrasah Ibtidaiyah sekaligus untuk tingkat anak – anak didirikan RA dan PAUD.

Geografis
Pondok Pesantren Tarbiyatul Mutathowi’in Dusun Ngujur Desa Rejosari Kecamatan Kebonsari Kab. Madiun terletak di Jalan Raya Rejosari, Ds. Rejosari, Kec. Kebonsari, Kab. Madiun, Provinsi Jawa Timur. Pondok Pesantren Tarbiyatul Mutathowi’in ini memiliki letak Geografis yang strategis, karena terletak diantara dua Kabupaten, yaitu perbatasan Kabupaten Madiun dan Kabupaten Magetan, mudah dijangkau dengan berbagai macam kendaraan, sehingga anak-anak yang berada di Desa Goranggareng Taji Kec. Nguntoronadi Kab. Magetan dan sekitar Desa Rejosari Kec. Kebonsari Kab. Madiun dapat dengan mudah menempuh perjalanan ke Pondok Pesantren Tarbiyatul Mutathowi’in Dusun Ngujur Desa Rejosari Kecamatan Kebonsari Kab. Madiun

Sejarah
Pondok  Pesantren Tarbiyatul Mutathowi’in Ngujur Rejosari Kebonsari Kabupaten Madiun, berdiri pada tahun 1946 silam setelah kemerdekaan Indonesia dan didirikan oleh Hadratus Syeh Ali Rohmat Al Haj. Beliau adalah salah satu santri dari Hadratus Syeh Muhammad Hasyim As’ari Al Haj, Pendiri Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang Jawa Timur di pondok pesantren tersebut Beliau menuntut Ilmu selama kurang lebih 11 Tahun di pondok pesantren tersebut beliau pernah ngabdi dalem dan sebagai ngemong (Merawat) Abdurrohman Wahid, yang akrab dengan GUS DUR (Presiden RI Ke – 4 ).

Setelah beliau pulang menyelesaikan pendidikan di PP. Tebu Ireng Jombang beliau kembali dan mengamalkan ilmunya dengan mengabdikan kepada masyarakat, membantu mengadakan pendidikan agama di desa Ngujur Rejosari Kebonsari Madiun. Seiring dengan berjalannya waktu banyak dukungan dari masyarakat kepada beliau untuk mendirikan pondok pesantren. Karena pondok tersebut belum mempunyai nama, oleh masyarakat sering disebut dengan nama Pondok “PELENGGONG” Setelah tuju tahun kemudian tepatnya pada tahun 1952 Hadratus Syeh Ali Rohmat Al Haj kembali sowan kepada Hadrotus Syeh Muhammad Hasyim As’ari Al Haj di Jombang untuk minta pertimbangan tentang nama pondok  pesantren yang telah didirikannya.

Oleh Hadrotus Syeh  Muhammad Hasim As’ari Al Haj, beliau memberikan nama  Pondok tersebut dengan nama pondok pesantren “TARBIYATUL MUTATHOWI’IN”  yang berarti “Pendidikan Kesederhanaan”. Pada tahun 1980 mulai berdiri lembaga Pendidikan Guru Agama Negeri ( PGAN 4 Tahun ) dan pada tahun 1986 lembaga tersebut berubah menjadi  Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN 6 Tahun). Dan sekarang di pondok pesantren ini sudah terdapat Pendidikan : PAUD AL Karimah  &  RA AL Muslimun, Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rejosari, Madsasah Tsanawiyah Negeri  Rejosari, Madrasah Aliyah Negeri  Rejosari,  Madrasah Diniyah (Ula, Wustho & Ulya).

Pengasuh : 

  1. KH. Ali Rakhmat
  2. KH. Nur Chozin, SAg

Pendidikan
Pendidikan Formal :
1. PAUD AL Karimah 
2. RA AL Muslimun
3. Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rejosari
4. Madsasah Tsanawiyah Negeri Rejosari
5. Madrasah Aliyah Negeri Rejosari

Pendidikan Non formal :
1. TPQ
2. Madrasah Diniyah (Ula, Wustho & Ulya)

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
  2. Kajian kitab-kitab kuning
  3. Muhadloroh Kithobiyah
  4. Arabic Club
  5. English Club
  6. Jurnalistik
  7. Hadrah
  8. Sepakbola
  9. Voli
  10. Basket
  11. Tenis meja
  12. Pramuka
  13. PMR


Hadrah di pesantren Tarbiyatul Mutathowi’in


Kajian kitab di pesantren Tarbiyatul Mutathowi’in

Fasilitas

  1. Masjid,
  2. Gedung asrama santri
  3. Kantor
  4. Asrama pengasuh
  5. Dapur
  6. Gedung sekolah
  7. Lapangan
  8. Koperasi santri,
  9. Perpustakaan
  10. Laboratorium komputer
  11. Laboratorium bahasa
  12. Gudang
  13. Sanitasi/MCK
  14. klinik kesehatan/UKS.


Gedung pesantren di pesantren Tarbiyatul Mutathowi’in


Gedung pesantren di pesantren Tarbiyatul Mutathowi’in


Alamat
Jl. Sunan Bonang No. 38, Desa Rejosari, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur
Kode Pos: 63173
Telepon: (0351) 369659


Email : pondokngujur46@gmail.com
Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi melalui Website ini:  https://pondokngujur.com

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.