Ziarah di Makam Habib Muhammad Assegaf, Pengasuh Pesantren Darul Maarif Lampung Selatan

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Habib Muhammad Assegaf, Pengasuh Pesantren Darul Maarif Lampung Selatan

 

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Habib Muhammad Assegaf beliau adalah ulama kharismatik dan pengasuh pondok pesantren Darul Maarif Natar, Lampung Selatan. Habib Muhammad Assegaf adalah seorang Nahdliyyin tulen, seorang yang aktif berjuang untuk warga Nahdliyyin, beliau pernah menjadi Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Anshor Kabupaten Lampung Selatan. Sukses memimpin generasi muda NU, Habib Muh kemudian dipilih menjadi Ketua Pengurus Cabang Nahdlotul Ulama’ (PCNU) Kabupaten Lampung Selatan.

Beliau sempat membentuk sebuah wadah atau lembaga jaringan antar pesantren se-Propinsi Lampung yang diberi nama IKRAMA yang dideklarasikan oleh beliau sendiri pada tanggal 20 Mei 2006, dan telah berafiliasi didalamnya sejumlah 81 pondok pesantren se-Propinsi Lampung.

Profil

Habib Muhammad Assegaf, pengasuh Pondok Pesantren Darul Maarif Natar, lahir di Bandung Jawa Barat pada tanggal 27 Mei 1943 dan sekitar tahun 1955 beliau dan keluarganya pindah ke Lampung di Desa Banjar Negri Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Beliau adalah putra ke-tiga dari sembilan bersaudara dari pasangan Habib Abu Abdillah bin Alwi Assegaf dan Habibah Umi Kultsum.

Lokasi Makam

Beliau wafat pada hari Kamis tanggal 10 Agustus 2006, jasad beliau dimakamkan di Komplek Pemakaman keluarga pessantren Darul Ma'arif Natar Lampung.
 
 

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam Habib Muhammad Assegaf banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Lampung saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Lampung yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek Pemakaman pondok pesantren darul Ma'arif, Natar, Lampung Selatan.

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam Habib Muhammad Assegaf, dimudahkan dalam mencapai cita-citanya, dibukakan akal pikiran dan hatinya dalam menerima ilmu,dan dimudahkan dalam mendapatkan keturunan anak sholeh dan sholehah

Peninggalan

Pengasuh Pondok Pesantren Darul Maarif Natar.

Habib Muhammad Assegaf adalah pengasuh Pondok Pesantren Darul Maarif Natar

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Lampung di antaranya:
Pie Susu Pisang, Keripik Pisang, Sambal Lampung, Kerupuk Cumi, Sambal Goreng Udang, Bakso Sony, Dodol Pandan, Kemplang, Keripik Nangka, Engkak, Kopi Durian.