Pesantren Darussalam, Subah, Batang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Darussalam, Subah, Batang

PROFIL

Pondok pesantren Darussalam pada awalnya adalah dari pengajian al Qur'an dan Kitab klasik dasar yang diikuti oleh siswa-siswi SMP Darma Catur Siswa-siswi tersebut karena rumahnya jauh dari SMP maka dianjurkan untuk menetap di rumah Bapak KH. Achmad Damanhuri Yaqub (khusus untuk putri) sedangkan siswa putra menetap di rumah mbah Siti Habibah (Ibunda KH. Achmad Damanhuri Ya’qub) namun pada perkembangan selanjutnya ada sebagian santri yang hanya ingin mendalami kitab kuning saja.

Dalam upaya memajukan keagamaan dan pendidikan KH. Achmad Damanhuri Ya’qub bersama rekan-rekannya pada tahun 1971 mendirikan Yayasan Wakaf Darussalam yang awalnya berupa wakaf minyak untuk masjid. Berkat dorongan dari KH. Muhaiminan Gunardo melalui pesannnya “Mulai dino iki Mbah Daman kudu ngaji, aku wis weruh panggonan kene kimplang-kimplang”, kemudian KH. Achmad Damanhuri sebagai santri yang “sama’an wa tho’atan” berhasil mendirikan Pondok Pesantren Darussalam pada tahun 1988. Setelah memprakarsai berdirinya SMP DC, satu tahun setelahnya mendirikan MTs. (Madrasah Tsanawiyah) Darussalam. Dilanjut pada tahun 1995 mendirikan MA Darussalam dan SMK Darusslam pada tahun 2007.

Semakin lama santri semakin banyak santri yang menetap  sehingga kediaman Bapak KH. Achmad Damanuhri Yaqub tidak mencukupi. Mengingat kondisi seperti itu Bapak Kyai khawatir pengajian tidak efektif maka Yayasan Wakaf Darussalam dengan sekuat tenaga mewujudkan asrama putri pada tahun 1993 M. dan asrama putra pada tahun 1997 M hingga sampai sekarang Pondok Pesantren Darussalam memiliki dua asrama putri dan satu asrama putra.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya