Pesantren Al-Munawwar Jarnauziyyah Tasikmalaya

 
Pesantren Al-Munawwar Jarnauziyyah Tasikmalaya

Profil

Pondok pesantren Almunawwar Jarnauziyyah Pasir Bokor Tasikmalaya adalah salah satu lembaga pendidikan islam salafiyyah/tradisional yang terletak di sebelah barat kota Tasikmalaya, tepatnya di Kampung Pasirbokor RT 05/01 Kelurahan Cipawitra Kecamatan Mangkubumi kota Tasikmalaya Jawa Barat. Pondok Pesantren ini berdiri sekitar tahun 1900-an, atau tepatnya pada tahun 1923. Sedangkan jarak dari pusat kota Tasikmalaya kurang lebih 15 km yang dapat ditempuh dalam waktu 25 menit melalui kendaraan umum.

Transportasi menuju pondok pesantren ini cukup strategis, sebab lembaga pendidikan Islam yang sudah dikenal masyarakat Tasikmalaya dan sebagian masyarakat Jawa Barat ini, mudah dijangkau oleh angkutan umum dan minibus. Dari arah pusat kota Tasikmalaya dapat ditempuh melalui kendaraan angkutan kota nomor 04 jurusan Pancasila-Cibanjaran. Atau melalui angkutan elf jurusan Tasikmalaya-Singaparna. Kemudian dari arah Bandung dapat ditempuh melalui Bus jurusan Bandung- Tasikmalaya melalui Garut-Singaparna.

Sejarah
Pondok pesantren Almunawwar Jarnauziyyah Pasir Bokor Tasikmalaya adalah salah satu lembaga pendidikan islam salafiyyah/tradisional yang terletak di sebelah barat kota Tasikmalaya, tepatnya di Kampung Pasirbokor RT 05/01 Kelurahan Cipawitra Kecamatan Mangkubumi kota Tasikmalaya Jawa Barat. Pondok Pesantren ini berdiri sekitar tahun 1900-an, atau tepatnya pada tahun 1930.

Pendiri pondok pesantren ini adalah KH. Muhammad Jarnauzi.  Beliau lahir di Tasikmalaya pada tahun 1875 dan wafat tahun 1980 M (10 Muharram 1400 H). Beliau merupakan salah satu ulama terpandang pada zamannya di Tasikmalaya. Semasa hidupnya lebih kurang 14 tahun lamanya ia telah menimba ilmu di berbagai pesantren yang ada di Tasikmalaya dan Jawa Barat, di antaranya: Pondok Pesantren Kudang Tasikmalaya, Pondok Pesantren Cipasung Tasikmalaya, Pondok Pesantren Cintawana Tasikmalaya, Pondok Pesantren Gunung Puyuh Sukabumi, Pondok Pesantren Cantayan Sukabumi, Pondok Pesantren Gentur Cianjur, dan Pondok Pesantren Buntet Cirebon.

Sepulang mengikuti pendidikan di berbagai pondok pesantren, KH. Muhammad Jarnauzi mendirikan Pondok Pesantren Salafiyah Al-Munawwar Jarnauziyyah dan mengajarkan berbagai macam ilmu keagamaan di Desa Cipawitra Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya.  Ilmu keagamaan yang dimiliki oleh KH. Muhammad Jarnuzi cukup luas mencakup ilmu tafsir, hadiş, fiqh, ushul fiqh dan alat (nahwu sharaf).  Di antara kitab-kitab klasik yang ia kuasai adalah sebagai berikut:

1.      Bidang Tauhid: Kifâyat al-Awwâm, Dasuki, Nur aż-Żalâm, Tijan ad-Darâri, Ahl as-Sunnah wa al-Jamâ’ah, dan Daqâiq al-Akhbar.
2.      Bidang Tafsir: Jamâl, Jalâlain, Ibnu Kasîr, Ayat al-Ahkâm.
3.      Bidang Hadiş: Şahîh Bukhârî, Şahîh Muslim, Bulûgh al-Marâm, Kifâyat al-Akhyâr, Riyâd as-Shâllihîn.
4.      Bidang Fiqih: Minhaj al-‘Âbidîn, Fath al-Wahhâb, Fath al-Mu’în, Fath al-Qarîb, Sullam at-Taufîq, Minhaj al-Qawim, Sullam as-Safinah, Bughyat al-Murtasyidîn.
5.      Bidang Ushul Fiqih: Al-Waraqat, Lata’if al-Isyarah, Ghayat al-Uşûl, Jam’ul Jawâmi.
6.      Bidang Tasawuf: Ihyâ’ ‘Ulûm ad-Dîn, Durrat an-Nasihîn, Tanbihul Ghâfilîn, Irsyâd al-‘Ibâd, Qami at-Tughyân.
7.      Bidang Bahasa Arab: Mutammimah, Ibnu ‘Aqil, Aj-Jurumiyyah, Imriti, Nazm al-Fiyah, Kailânî Izzi.
8.      Bidang Mantiq: Munawarah.
9.      Bidang Akhlaq: Ta’lîm al-Muta’âlîm, Uqûd al-Lijain.

Sepeninggal KH. Muhammad Jarnauzi, Pondok Pesantren Al-Munawwar Jarnauziyyah diteruskan oleh putera ketiganya, yaitu KH. Anas Muhajir (lahir tahun 1940). Nama Anas Muhajir sendiri merupakan singkatan dari Anwar Sulaeman Muhammad Jarnauzi. Sehingga banyak yang mengenalnya dengan panggilan Ajengan Eman. Di kalangan NU, ia dikenal sebagai sosok ulama sangat dihormati kalangan pejabat dan politisi. Praktis ia pun menjadi salah satu tokoh ulama berpengaruh di Tasikmalaya. KH. Anas Muhajir mempunyai ahli dalam bidang ilmu tauhid, tafsir, hadiş, fiqih, tasawuf, dan ilmu hikmah.


Pengelolaan pesantren dilakukan secara kekeluargaan dengan dipimpin oleh KH. Anas Muhajir.  Sebagai penerus orang tuanya, KH. Anas Muhajir telah berhasil mengembangkan pondok pesantren secara pesat. Pada masa kepemimpinanya, keberadaan pondok pesantren lebih mengedepankan faktor syiar ketimbang usaha. Sehingga mengakibatkan cukup banyak santri yang belajar dengan dukungan dana dari keluarganya relatif minim, bahkan ada yang gratis sama sekali.

Pada tahun 2007, KH. Anas Muhajir beserta keluarganya tidak lagi hanya menyediakan tempat kegiatan belajar para santri, namun berhasil mendirikan  lembaga pendidikan lainnya yakni Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang diberi nama Kelompok Bermain (KOBER) Al-Munawwar.

Tak lama kemudian, pada tahun 2012 KH. Anas Muhajir mengalami komplikasi sehingga ia dilarikan ke Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya. Dan pada hari Sabtu, tanggal 21 Juli 2012, bertepatan dengan 1 Ramadhan 1433 H, beliau meninggal di Rumah Sakit tersebut pada usia 72 tahun dalam keadaan kritis.

Setelah KH. Anas Muhajir wafat, estapet kepemimpinan diteruskan oleh anaknya yang pertama yakni, KH. Asep Marfu Jarnauzi (lahir tahun 1965). Bersama anak KH.Anas Muhajir yang lain, yakni KH.  Pepep Fuad Muslim dan Hj.Imas Dewi Ningrum turut serta mengelola Perkembangan Pesantren. Sama seperti sebelumnya, pengelolaan pesantren juga dilakukan secara kekeluargaan.

Dalam kepemimpinan KH. Asep Marfu, lebih mengedepankan akhlak kepada para santrinya sebagai modal dan bentuk benteng pertahanan dalam menghadapi era globalisasi. Sarana dan prasarana pesantren lebih banyak dikembangkan sebagai penunjang kebutuhan para santri dan aktivitas belajar di Pesantren.

Saat ini pengelola pesantren juga tengah mendirikan sebuah lembaga pendidikan lainnya, yakni Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al-Munawwar. Sebelumnya pernah berdiri Madrasah Tsanawiyah (MTs) KH.Anas Muhajir, namun sempat mengalami kegagalan sistem sehingga diganti dengan SMPIT. Selain itu, melalui kebijakan pengelola pesantren, nama Pondok Pesantren Al-Munawwar Jarnauziyyah berganti menjadi Yayasan Pondok Pesantren Al-Munawwar Jarnauziyyah Pusat.

Sejak berdiri hingga sekarang, jumlah santri yang berada di YPP Al-Munawwar Jarnauziyyah Pusat mengalami peningkatan dan penurunan. Saat ini, santri yang menimba ilmu di pondok pesantren Al-Munawwar Jarnauziyyah mencapai kurang lebih 100 orang, yang datang dari berbagai penjuru kota di Indonesia. Juga sudah mencetak lulusan sekitar 8000-an, dan tidak sedikit diantara mereka (para alumni) yang kemudian membuka Pondok Pesantren di daerahnya masing-masing.

Selain itu berdiri pula pesantren-pesantren yang dikelola oleh anak-anak KH. Muhamad Jarnauzi, seperti Pondok Pesantren Al-Munawwar Jarnauziyyah Tugu Jaya (dikelola oleh keturunan alm.KH.Abas Mahmud), Pondok Pesantren Al-Munawwar Jarnauziyyah Pasirbokor khusus pesantren Al-Qur’an dan qira’at ( dikelola oleh Hj. Komariah dan suaminya KH.Sofyan Tsauri), Pondok Pesantren Ath-Thahariyah di Cikadongdong Singaparna (dikelola oleh Hj. E. Tohariyah dan suaminya KH.Musadad).

Pendiri
KH. Muhammad Jarnauzi

Pengasuh
1. KH. Muhammad Jarnauzi
2. KH. Anas Muhajir
3. KH. Asep Marfu Jarnauzi
4. Dr. H Pepep Fuad Muslim, Msi
5. Hj. Imas Dewi Ningrum

Pendidikan

Pendidikan Formal
SMP IT

Pendidikan Nonformal
Madrasah Diniyah

Ekstrakurikuler

1. Tahfidz al Qur'an
2. Kalian Kitab kuning
3. Seni baca Al-Qur'an
4. Marawis atau hadrah
5. Bandung Karate Club
6. Public Speaking dan Pidato
7. Olahraga: Sepakbola., Voli, Basket, Senam, Tenis Meja
8. Bahasa Inggris
9. Bahasa Arab                               


Hadrah di pesantren Almunawwar Jarnauziyyah

Pelatihan komputer di pesantren Almunawwar Jarnauziyyah
 

Fasilitas

1. Masjid
2. Madrasah
3. Asrama santri putera dan puteri
4. Gedung sekolah
5. Laboratorium komputer
6. BLK
7. Perpustakaan
8. Depot Air Mineral
9. Koperasi
10. Lapangan Olahraga
11. Sanitasi/MCK
12. Gudang
13. Dapur


Masjid di pesantren Almunawwar Jarnauziyyah
 


Balai latihan di di pesantren Almunawwar Jarnauziyyah


Alamat 

Jl. Pasir Bokor, RT/RW. 05/01 Kelurahan Cipawitra, Kecamatan Mangkubumi, Tasikmalaya, Jawa Barat
Kode Pos  : 46181
Email        : kontakamjpusat@gmail.com
Telepon     :  0853-2015-8586, 0812-2166-9008, 0813-2330-3376, 0823-1791-1670
                  
               
                  

 


Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.