Pesantren Assalafiyah II Brebes

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP2
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Assalafiyah II Brebes

Profil

Seiring dengan jumlah santri yang terus meningkat, sarana fisik pesantren (asrama)-pun ikut meningkat. Juga sistem belajar-mengajar mengalami perubahan. Dulu hanya menggunakan sistem belajar-ngaji sorogan, musyawarah (diskusi) dan bandongan. Sekarang ditambah sistem tarbiyah (metode sekolah). Sehingga pondok pesantren Assalafiyah membentuk lembaga madrasah-sekolah, dari mulai tingkat ibtida (pemula) sampai aliyah (tinggi). Sesuai pernyataan para ulama yang menjadi landasan modernisasi pesantren:“ Al Muhafazhotu ‘alal qodimisshalih wal akhdzu bil jadidil ashlah ” [Melestarikan sistem-pola lama yang masih baik dan mengakomodir cara-cara modern yang lebih baik]

Setelah pondok pesantren Assalafiyah maju dan terkenal, banyak permintaan masyarakat untuk menerima santri yang sekolah formal. Namun beliau Kiai Subhan belum berminat. Karena beliau berkomitmen untuk mempertahankan ke-salaf-an pendidikan pesantren As Salafiyah, Luwungragi, yang diwariskan bapaknya. Tapi desakan membuka pesantren bersekolah formal semakin tidak terbendung. Mungkin ini tuntutan zaman yang mendorong para pengasuh melakukan modernisasi pesantren.

Secara kebetulan, Kiai Nurul Huda Jazuli (Gus Da) dari Ploso mengisi mauizhah hasanah (nasehat) pada acara Ahirussanah pondok pessantren As Salafiyah pada 24 Juli 2010 M / 13 Sya’ban 1431 H. Gus Da menyarankan kepada Kiai Subhan agar membuka pondok pesantren formal seperti QUIN Ploso. Mendengar saran tersebut Kiai Subhan menimpali dengan perkataan:” InsyaalLah, tapi diluar, jangan di sini (pondok pesantren As Salafiyah, Luwungragi)”. Lalu Kiai Nurul Huda meng-amin-ni keinginan Kiai Subhan yang baru diucapkan.

Berkah dari doa tersebut, pada tanggal 26 Agustus 2012 M., bertepatan 23 Ramadhan 1433 H., ada seorang dermawan, bernama H. Wardoni SH, dari Saditan, soan (silaturahim) ke rumah Kiai Subhan. H. Wardoni bermaksud mewakafkan sebidang tanah miliknya seluas 2.728 m. Kiai Subhan yang memang sudah berencana mendirikan pesantren formal, sangat apresiatif dengan niat baik H. Wardoni.

Kata Kiai Subhan:” Terima kasih atas kepercayaan bapak. Wakaf dari bapak saya terima tapi bukan saya miliki. Tanah wakaf itu tidak bisa dimiliki, karena tanah wakaf itu statusnya milkun lilLah [ milik Allah ]. Saya sekedar mengelola (nazhir) tanah wakaf bapak. InsyaalLah, secepatnya akan saya bangunkan Aula untuk shalat dan kemudian pondok pesantren. Setelah H. Wardoni mendengarkan ucapan Kiai Subhan, dia merasa puas dan sreg. Dia merasa pertemuan dengan Kiai Subhan sangat tepat, setelah dia kesulitan mencari sosok yang amanah. Karena sebelumnya H. Wardoni pernah akan memberikan wakaf tersebut kepada orang lain, tapi digagalkan karena pertemuan dengan orang itu meninggalkan kesan tidak amanah di mata H. Wardoni. Dan setelah itu, H. Wardoni menambah wakaf tanahnya seluas 400 M, yang berada di sebelah timur bangunan Assalafiyah II Saditan.

Ahirnya pembangunan Pondok Pesantren Assalafiyah II mulai dilaksanakan pada hari Minggu, 28 April 2013 Pukul 09.00 -17.00 . Dan di isi Pengajian Umum oleh K.H. Dimyathi Rois dari Kaliwungu dan Habib Luthfi Yahya dari Pekalongan. Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Mendiknas, yang diwakili oleh Direktur Pembinaan Pendidikan Masyarakat, Dr. Ella Yulaelawati Rumindasari, M.A., Ph.D. Hadir pada kesempatan itu Drs. H. Khaeruddin, MA Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah, Bupati Brebes, Kankemenag Kan. Brebes, dan tidak kurang dari tiga ribu pengunjung hadir di lokasi pembangunan Pondok Pesantren As Salafiyah II, Jl. MT Haryono Saditan, Brebes.

Pendiri
KH. Subhan Makmun

Pengasuh
KH. Subhan Makmun

Pendidikan

Unit Pendidikan
1. Madrasah Muta'allimin dan Muta'allimat
2. Pengajian Al Qur'an
3. Hafalan Surat-surat Al-Qur'an
4. Kajian Kutubussalaf dan Takror
5. Belajar Wajib
6. Forum Diskusi Pelajar
7. Leadership

Ekstrakurikuler

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut
1. Seni baca Al-Qur'an
2. Kaligrafi
3. Rebana
4. Pelatihan Vokal
5. Pelatihan Pidato
6 .Olahraga


Muthola'ah kitab kuning di Pesantren Assalafiyah II


Hadrah di Pesantren Assalafiyah II

Fasilitas

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid
2. Asrama santri
3. Kantor
4. Asrama pengasuh
5.  Dapur
6. Gedung Madrasah
7. Lapangan olahraga
8. Koperasi santri
9, Perpustakaan
10. Laboratorium komputer
11. Aula
12. Kantin
13. Gudang
14. Sanitasi'MCK
15. Klinik kesehatan


Gedung Pesantren di pesantren Assalafiyah II


Gedung pesantren di pesantren Assalafiyah II

Alamat

Jl. MT Haryono no 58 Saditan, Brebes, Kec. Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Kode Pos: 52212

Email:ponpes2@assalafiyahbrebes.com
Telepon: (0283) 4514018
Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi melalui Website ini: https://assalafiyahbrebes.com

      

KUNJUNGI JUGA

 


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.