Pesantren Bustanul Ulum Banyuwangi

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Bustanul Ulum Banyuwangi

Profil
Pondok pesantren Bustanul Ulum ini adalah satu diantara pondok pesantren yang ada di kabupaten Banyuwangi, tepatnya tedetak di daerah bagian utara yaitu kecamatan Wong-sorejo dimana penduduknya mayoritas beragama Islam. Pondok Pesantren Bustanul Ulum (PP-B.U) tumbuh menjadi pondok pesantren dan terus berbenah diri tanpa mengambil jarak secara ketat dengan perubahan jaman.

Awal mulanya pesantren ini adalah musholla yang sangat kecil dan satri “kalong” (sebutan untuk santri yang tidak menetap) dengan aktivitas pengajian khusus di malam hari, dan siklusnya disesuaikan dengan waktu sholat fardhu, sholat magrib berjama’ah dilanjutkan dengan pengajian Al-qur’an.

Sampai waktu sholat isya’ tiba, bada sholat isya’ pengajian kitab kuning dengan mode sorogan, Santri rehat dari aktivitas menjelang tengah malam sampai waktu sholat subuh. Aktivitas mushollah berakhir dengan pengajian Al-qur’an ba’da sholat subuh. Awalnya mushollah yang berlokasi di sekitar pasar Wongsorejo ini akhir nya pindah ke masjid “Baitur Rohim” dengan keinginan besar pengasuh mengajak teman-temannya untuk membangun sekolah rakyat (SR) Di depan masjid Baitur Rohim.

Pada tahun 1944, beliau mempunyai kemampuan untuk mendidik santri tersebut, karna beliau pernah menjadi santri di ponpes salafiyah-safi’iyah Sukorejo Asembagus Situbondo selama 16 tahun. Lambat laun berkat keinginan dan kemauan yang sangat tinggi akhirnya beliau mempuyai surau dan mengelolahnya kira-kira mencapai waktu 23 tahun, setelah itu beliau menerima saran dari gurunya untuk membangun sebuah pesantren, sekitar 1 km dari jarak yang beliau tempati.

Sebetulnya pengasuh sudah sejak dulu berkeinginan untuk membangun pesantren,  tetapi  beliau  masih menunggu waktu untuk mendirikannya. Pada tahun 1940-an, tahun dimana mushollah ini mulai dibangun adalah masa-masa awal misiasi dalam perjuangan, dan membentuk pondasi dakwah melalui pendidikan bentuk mushollah yang terbuat dari kayu yang berdinding gidhang (terbuat dari ayaman bambu, yang di jawa di kenal dengan nama gedhek).

Seperti umumnya mushollah, interior bangunannya hanya berbentuk ruangan memanjang untuk tempat ngaji, sholat sekaligus tempat istirahat santri-santri tiada lain santri yang mengaji di langgar inipun berasal dari anak-anak dusun di sekitar mushollah. Dengan teriring peredaran waktu hingga pada akhirnya beliau dapat mewujudkan cita-cita tersebut, atas dukungan dari guru beliau yaitu;  KH AS’AD SYAMSUL ARIFIN (Alm), dan menantu guru beliau yaitu R. ROZY putra dari K.H Kholil Bangkalan-Madura.

Beliau yang menetapkan tempatnya, serta beliau pulalah yang menentukan pengasuh pondok pesantren Bustanul Ulum adalah K.H. MAWARDI hingga sekarang. Jauh dari sebelumnya pernah ada seorang kyai, entah siapa beliau yang kurang di katahui identitasnya. Kebetulan beliau melewati tempat tersebut, dan beliau berkata kepada penduduk setempat “Bahwa di tempat ini suatu saat akan datang sosok kyai yang akan mendirikan sebuah pondok pesantren”.

Aktivitas pondok pesantren Bustul Ulum (PP-B.U) pada umumnya tidak eksklusif untuk santri yang mukim melainkan terbuka untuk masyarakat sekitar. Pontren Bustanul Ulum Wongsorejo didirikan pada tanggal 1 Juni 1968 yang bertempat di Desa Wongsorejo, Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur. 

Pendidikan
Pendidikan Formal

1. PAUD
2. MI
3. MTs
4. MA

Pendidikan Nonformal
1. Madrasah diniyah
2. KepesantrenanFasilitas

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Alamat
Bulu Rejo, Songgoh, Kepatihan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68411, Indonesia Telp: +62333-630056

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

 
 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.