Pesantren Al-Inshof Karanganyar

Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Al-Inshof Karanganyar

Profil
Pondok Pesantren Al-Inshof dirintis dalam bentuk lembaga pendidikan non-formal oleh KH Abdullah Sa’ad dan pendiri yayasan lainnya dibantu masyarakat sekitar. Pondok Pesantren Al-Inshof memiliki idealisme sebagai wadah pengembangan ajaran islam berhaluan Ahlu Sunnah wal Jamaah yang memegang teguh komitmen kebangsaan Indonesia. Pondok Pesantren Al-Inshof bercirikan paham keagamaan yang mengembangkan sikap tasamuh (toleran), tawassuth (tengah-tengah), dan ta’dil (adil).

Seluruh sikap tersebut dilandasi oleh metode dakwah Rasulullah SAW yang menekankan tersampaikannya hikmah agama melalui nasehat-nasehat, diskusi yang mencerahkan akal dan teladan yang karim. Al-Inshof bertujuan menghadirkan majelis agama yang mampu menjadi wadah pertaubatan dan keinsyafan diri manusia sebagai seorang hamba dapat terealisasi.

Perintisan Pondok Pesantren Al-Inshof dimulai dari semakin berkembangnya kajian agama yang dirintis oleh KH Abdullah Sa’ad. di beberapa penjuru kota Surakarta, yaitu di wilayah Kadipiro (pengajian kitab-kitab tasawuf), Songgolangit (kajian umum), Gentan (kajian umum), Wonorejo (tafsir Al-Qur’an), Jebres (khusus mahasiswa), Colomadu (kajian kitab-kitab hadits), dan beberapa majelis lainnya yang berpusat di masjid Jannatul Firdaus, Laweyan, Surakarta (kajian fiqih dan tafsir Al-Qur’an).

Perkembangan tersebut mendapat apresiasi luar biasa dari berbagai lapisan masyarakat. Salah satu bentuk apresiasi tersebut berupa sebidang tanah wakaf seluas ± 1900 mdi daerah Plesungan, Gondangrejo dari keluarga (alm) Drs. H. Muhammad Slamet Iskandar untuk dijadikan sebagai pusat pengembangan kajian islam. Pembangunan Pondok Pesantren Al-Inshof ini berangkat dari rekomendasi dan restu dari guru kami Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya (ketua MUI Jawa Tengah) di Pekalongan, KH. Abdullah Hafidz (Pengasuh Pon-pes Manarul Huda, Kudus), Habib Syeh bin Abdul Qodir As-Segaf, Solo dan seluruh guru kami yang tidak dapat kita sebutkan satu per satu, untuk menerima amanah berupa tanah tersebut dan selanjutnya membentuk Yayasan Untaian Bintang Sembilan sebagai induk organisasi Pesantren Al-Inshof dan juga mendapat dukungan dari orang tua kami serta tokoh-tokoh islam di Karanganyar dan Surakarta, baik dari para kyai dan habaib. 

Pendidikan
1. Pendidikan Pesantren
2. Tahfidz Al-Qur’an
3. Kajian Kitab Kuning
4. Pendidikan Takhossus
5. Madrasah Diniyah tingkat Awaliyah, Wustho, Ulya, dan Ma’had A’li
6. Pengajian Majlis Ta’lim
7. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)
8. Pelatihan-pelatihan.
9. Pengajian
10.Tilawatil Qur'an

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Alamat
Jalan Pondok Pesantren No.1, RT 07 RW 09 Sulurejo, Ds Plesungan, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57181

Telepon: 
(0271) 2140099

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.